Lompat ke konten
Home » Teknik Sipil » GENERALISASI PADA PETA

GENERALISASI PADA PETA

  • oleh

Generalisasi pada peta adalah pemilihan dan penyederhanaan dari penyajian unsur-unsur pada peta dan selalu hams berhubungan dengan skala dan tujuan dari peta itu sendiri. Semua peta disajikan dalam skala kecil dari bagian bumi. Penggambaran pada skala yang lebih kecil ini akan melibatkan adanya generalisasi. Adalah tidak mungkin untuk menyajikan pada peta semua unsur-unsur yang ada di bumi, karena akan mengakibatkan peta menjadi penuh dan sukar dibaca.

Jadi generalisasi perlu untuk mempertahankan kejelasan dari peta. Pada setiap pembuatan peta, bentuk dari unsur-unsur terrain di generalisasi sampai tingkat tertentu. Pada pemetaan topografi hal ini mempunyai peranan penting.

Macam Macam Generalisasi Pada Peta

  1. Generalisasi Geometris 2.   
  2. Generalisasi Konsep

Generalisasi Geometris

Generalisasi geometris adalah penyederhanaan bentuk, eksagerasi (perbesaran ) dai  unsur-unsur,  dan  pergeseran (displacement)  dari  unsur-unsur  sebagai  akibat  dari eksagerasi tadi.

a)  Generalisasi Geometris Murni

Di sini hanyabentuk geometris dari unsur-unsur yang berubah

b)  Generalisasi Geometris Konsep

Generalisasi Geometris dilakukan bersamaan dengan generalisasi konsep, misalnya : klasifikasi jalan, klasifikasi hutan, dan sebagainya.

Tugas kartografer dalam generalisasi diutamakan pada generalisasi geometris murni, Tetapi dalam pemetaan topografi seorang kartografer juga melakukan generalisasi geometris konsep.

Generalisasi Konsep

            Generalisasi konsep tidak dilakukan oleh kartografer melainkan oleh orang yang mengetahui tentang subyek tersebut. Prosesnya terdiri dari klasifikasi dan kombinasi. Contoh :  untuk  peta  tanah (soil  map)  bila  terdapat 20  macam  klas  tanah  akan disederhanakan klas tanahnya pada peta yang lebih kecil skalanya. Misalnya menjadi 8 klas tanah yang ada hubungannya satu sama lainnya. Hal ini tentu saja hanya seorang ahli tanah yang dapat mengerjakan.

Referensi : Universitas Gadjah Mada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.