Lompat ke konten
Home » Kedokteran » Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh

Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh

  • oleh
  • November 26, 2020November 26, 2020

Berikut beberapa contoh umum pada gangguan sistem kekebalan tubuh :

Imunodefisiensi gabungan yang parah (SCID). Ini adalah contoh defisiensi imun yang terjadi saat lahir. Anak-anak selalu berada dalam bahaya infeksi dari bakteri, virus, dan jamur. Gangguan ini terkadang disebut “penyakit anak gelembung”. Pada 1970-an, seorang anak laki-laki harus hidup di lingkungan yang steril di dalam gelembung plastik. Anak-anak dengan SCID kehilangan sel darah putih penting.

Kekurangan kekebalan yang didapat sementara. Sistem kekebalan Anda bisa dilemahkan oleh obat-obatan tertentu, misalnya. Hal ini dapat terjadi pada orang yang menjalani kemoterapi atau obat lain yang digunakan untuk mengobati kanker. Bisa juga terjadi pada orang yang mengikuti transplantasi organ yang minum obat untuk mencegah penolakan organ. Selain itu, infeksi seperti virus flu, mono (mononucleosis), dan campak dapat melemahkan sistem kekebalan untuk waktu yang singkat. Sistem kekebalan Anda juga bisa dilemahkan oleh merokok, alkohol, dan nutrisi yang buruk.

AIDS. HIV, yang menyebabkan AIDS, adalah infeksi virus yang didapat yang menghancurkan sel darah putih penting dan melemahkan sistem kekebalan. Orang dengan HIV / AIDS menjadi sakit parah dengan infeksi yang dapat dilawan oleh kebanyakan orang. Infeksi ini disebut “infeksi oportunistik” karena memanfaatkan sistem kekebalan yang lemah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.