Lompat ke konten
Home » Ilmu Psikologi » Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motif-Motif Sosial

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motif-Motif Sosial

  • oleh

Teevan dan Smith mengemukakan ada empat sumber perkembangan motif sosial, yaitu:

1.  Interaksi ibu dan anak

2.  Interaksi anak dengan seluruh keluarga

3.  Interaksi anak dengan masyarakat luas

4.  pendidikan formal

Berbeda dengan La Vine (1977) ia mengatakan kebudayaan dalam masyarakat yang berupa kebiasaan-kebiasaan  akan  mempengaruhi  motif  sosial.  Sedangkan  Murray (1964) mengatakan bahwa motif sosial sangat dipengaruhi oleh cara-cara mengasuh anak.

Jadi,   bila   disimpulkan   berdasarkan   pendapat   banyak   ahli,   faktor-faktor   yang mempengaruhi motif sosial meliputi cara-cara mengasuh anak (yang meliputi interaksi antara ibu dengan anak, anak dengan keluarga, anak dengan masyarakat luas, dan pendidikan formal) dan lingkungan kebudayaan.

Peran Motif Sosial

Motif sosial berperan penting dalam pembentukan sosial. Motif yang sama antara anggota  kelompok  merupakan ciri utama  yang  membedakan interaksi sosial  satu  dengan interaksi sosial yang lainnya.

Terbentuknya  kelompok  sosial  adalah  karena  bakal  anggotanya  berkumpul  untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan kegiatan bersama lebih mudah dapat dicapai daripada atas usaha diri sendiri. Jadi, dorongan atau motif bersama itu menjadi pengikat dan sebab utama terbentuknya kelompok sosial itu. Tanpa motif yang sama antara sejumlah individu itu sukar dapat dibayangkan bahwa akan terbentuk suatu kelompok sosial yang khas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.