Lompat ke konten
Kategori Home » Sosial Politik » Ethnography of Communication

Ethnography of Communication

  • oleh

Dikenal pula dengan nama ethnography of speaking, ethnography of speaking, penelitian kualitatif penelitian kualitatif komunikasi yang ini memiliki akar pada pendekatan antropologi dan komunikasi yang ini memiliki akar pada pendekatan antropologi dan sociolinguistic sociolinguistic untuk memahami bahasa.

Fokus dari untuk memahami bahasa. Fokus dari ethnography of communication ethnography of communication adalah speech adalah speech event sebagai suatu cara untuk memahami suatu aktivitas interpretif dalam suatu event sebagai suatu cara untuk memahami suatu aktivitas interpretif dalam suatu percakapan diatur. Dasar metodenya adalah etnografi dengan persoalan kajian yang percakapan diatur. Dasar metodenya adalah etnografi dengan persoalan kajian yang bebervariasi dari linguistik itu sendiri, kinesik (gerakan manusia), proxemik (rentang rvariasi dari linguistik itu sendiri, kinesik (gerakan manusia), proxemik (rentang sosial), postural, gestural dan paralinguistik.

Epistemologinya berakar pada banyak sosial), postural, gestural dan paralinguistik. Epistemologinya berakar pada banyak sumber termasuk filsafat Ludwig Wittgenstein yang memandang makna suatu bahasa sumber termasuk filsafat Ludwig Wittgenstein yang memandang makna suatu bahasa hanya bisahanya bisa muncul jika manusia memahami kesepakatan sosial yang mengatur muncul jika manusia memahami kesepakatan sosial yang mengatur pemakaiannya.pemakaiannya.

Dua aliran empirik yang berpengaruh besar dalam kegiatan penelitian Ethnography of Communication

Dua aliran empirik yang berpengaruh besar dalam kegiatan penelitian komunikasi adalah komunikasi adalah sociolinguistic sociolinguistic (studi tentang hubungan antara bentuk(studi tentang hubungan antara bentuk–bentuk bentuk bahasa termasuk tata bahasa dan kosa kata dan kegunaan serta maknanya dalam bahasa termasuk tata bahasa dan kosa kata dan kegunaan serta maknanya dalam kehidupan sosial) dan kehidupan sosial) dan folklore folklore (studi tentang budaya oral dan budaya material, di antara (studi tentang budaya oral dan budaya material, di antara disiplin ilmiah antropologi serta linguistik ddisiplin ilmiah antropologi serta linguistik dan disiplin humanistik literatur dan etnik).

Jika an disiplin humanistik literatur dan etnik). Jika sociolinguistic sociolinguistic menekankan pada kegunaan sosial suatu bahasa, menekankan pada kegunaan sosial suatu bahasa, folklore folklore lebih lebih memusatkan perhatian pada ekspresi berkesenian perasaan dan pemikiran pada memusatkan perhatian pada ekspresi berkesenian perasaan dan pemikiran pada budaya etnik, daerah ataupun nasional.budaya etnik, daerah ataupun nasional.

Ethnography of Communication Dalam penelitian

Dalam penelitian komunikasi, n komunikasi, ethnography of communication ethnography of communication lebih bersifat lebih bersifat interdispliner. Hal ini berbeda dengan interdispliner. Hal ini berbeda dengan ethnomethodology ethnomethodology dan dan symbolic interactionism symbolic interactionism yang lebih menyandarkan diri pada sosiologi. Beberapa ide besar yang muncul dari yang lebih menyandarkan diri pada sosiologi. Beberapa ide besar yang muncul dari perkembangan ethnography of commuperkembangan ethnography of communication ini adalah nication ini adalah speech economy, speech economy, beda beda alokasi sumber komunikasi dalam masyarakat, dan kompetensi komunikasi.alokasi sumber komunikasi dalam masyarakat, dan kompetensi komunikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *