Lompat ke konten
Home » Arsitektur » Definisi Pengukuran

Definisi Pengukuran

  • oleh
  • November 18, 2021November 18, 2021

Pengukuran adalah tindakan menentukan ukuran, panjang, berat, kapasitas, atau aspek lain . Ada sejumlah istilah yang mirip dengan ukuran tetapi itu berbeda sesuai dengan tujuannya (seperti berat, hitung & kuantifikasi). Secara umum, pengukuran dapat dipahami sebagai satu tindakan dalam istilah instrumentasi.

Fungsi pengukuran

• Untuk menunjukkan hasil yang diukur menggunakan nilai dan simbol.

• Menggunakan alat ukur.

Fungsi Instrumentasi

• Untuk menentukan jumlah untuk mencapai tujuan tertentu.

• Untuk menggunakan alat ukur seperlunya.

Juga tepat untuk mengatakan bahwa pengukuran dilakukan oleh seorang pekerja menggunakan sistem pengukuran, dan instrumentasi dilakukan oleh seorang teknisi.

Perbedaan Antara Pengukuran dan Inspeksi

Pengukuran mengacu pada kuantifikasi hasil yang diperoleh dengan menggunakan alat ukur. Dengan demikian, inspeksi mengacu pada membandingkan nilai yang diperoleh melalui pengukuran dengan referensi yang tersedia untuk menentukan apakah suatu produk dapat diterima atau tidak.

Saat mengukur panjang menggunakan penggaris, dimungkinkan untuk membuat semacam keputusan berdasarkan nilainya, seperti “Pengukurannya agak terlalu panjang/pendek.” Penentuan ini adalah cara lain untuk mengatakan, “Berdasarkan nilai yang diperoleh dengan menggunakan penggaris (pengukuran), telah ditentukan bahwa nilai ini sedikit lebih panjang (atau lebih pendek) dari panjang bunga.” Meskipun sering kali tidak perlu menggunakan definisi ini secara terpisah, ada baiknya untuk setidaknya mengenali perbedaan di antara keduanya.

Perbedaan Metode Pengukuran

Pengukuran suatu target dapat dilakukan baik melalui pengukuran langsung maupun pengukuran tidak langsung.

Pengukuran Langsung

Pengukuran langsung adalah pengukuran yang dilakukan dengan mendekatkan target dengan sistem pengukuran untuk membaca panjang, tinggi, atau aspek lainnya secara langsung. Meskipun pengukuran langsung memungkinkan hasil pengukuran diketahui apa adanya, kesalahan dapat terjadi tergantung pada keterampilan orang yang melakukan pengukuran.

Pengukuran Tidak Langsung

Pengukuran tidak langsung dilakukan, misalnya dengan menggunakan dial gauge untuk mengukur perbedaan ketinggian antara target pengukuran dan balok pengukur dan menggunakan ketinggian tersebut untuk menentukan tinggi target secara tidak langsung. Karena jenis pengukuran ini didasarkan pada referensi, pengukuran tidak langsung juga disebut sebagai “pengukuran komparatif.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.