Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Definisi Manajemen Menurut Mary Parker Follet

Definisi Manajemen Menurut Mary Parker Follet

  • oleh

Definisi Manajemen Menurut Mary Parker Follet adalah seni menyelesaikan sesuatu melalui orang-orang. Meskipun dia tidak pernah mengelola perusahaan nirlaba, dia menawarkan wawasan berharga tentang pentingnya “memberdayakan dengan” daripada “menguatkan”, dan berintegrasi dengan karyawan untuk menyelesaikan konflik.

Kepemimpinan tidak ditentukan oleh pelaksanaan kekuasaan tetapi oleh kapasitas untuk meningkatkan rasa kekuasaan di antara mereka yang dipimpin,  Follett pernah berkata. “Pekerjaan paling penting dari seorang pemimpin adalah menciptakan lebih banyak pemimpin.

Terkenal dengan kecenderungan mediasi dan taktik pengelolaannya, Follett menciptakan teori manajemen yang masih disukai hingga saat ini.

Prinsip utamanya meliputi:

1. Integrasi

Follett berpikir bahwa pekerja dari semua tingkatan harus berintegrasi untuk mencapai tujuan organisasi. Jika konflik muncul, harus ada upaya sadar untuk menarik alih-alih mendorong, dan bekerja sama sebagai sebuah tim. Karena setiap anggota melakukan bagian mereka, secara keseluruhan, mereka akan lebih cenderung puas dengan hasil.

2. Kekuatan

Alih-alih membangun hierarki yang ketat dan mendelegasikan kekuasaan kepada individu tertentu di atas orang lain, Follett percaya bahwa pekerja harus mempraktikkan kekuasaan ko-aktif. Memberi kekuatan dengan tim mereka lebih baik daripada memberdayakan mereka; dengan cara ini, setiap anggota merasa sama berharganya dengan anggota berikutnya. Namun, ini tidak berarti bahwa hierarki harus dihilangkan sepenuhnya. Struktur masih penting, tetapi karyawan tidak boleh merasa mereka kurang berharga daripada manajer mereka.

3. Kekuatan Kelompok

Kekuatan kelompok harus dihargai di atas kekuatan pribadi. Organisasi tidak ada untuk keuntungan satu orang, melainkan seluruh perusahaan pekerja. Jika pola pikir tanpa pamrih ini berlaku, maka semua pekerja akan merasa seperti berada di tim yang sama, bukan bersaing satu sama lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.