Lompat ke konten
Home » Ekonomi » CARA OPTIMAL UNTUK MEMPEROLEH KOMPOSISI INPUT YANG EFISIEN

CARA OPTIMAL UNTUK MEMPEROLEH KOMPOSISI INPUT YANG EFISIEN

  • oleh

Organisasi bisa memperoleh input melalui beberapa cara, yaitu:

1. SPOT EXCHANGE: Perusahaan membeli input dari pasar. Sebagai contoh, jika perusahaan mobil membeli ban dari pasar, maka perusahaan tersebut akan melihat dan membandingkan harga, kualitas ban produksi Goodyear, Bridgestone, dan lainnya. Kemudian ditentukan pilihannya. Harga akan ditentukan oleh kekuatan supply dan demand.

2. KONTRAK: Metode di atas mempunyai kelemahan jika proses negosiasinya memakan waktu dan biaya. Untuk mengurangi kelemahan tersebut, dilakukan kontrak pembelian antara perusahaan mobil dengan misal Goodyear untuk pengadaaan ban mobil selama setahun dengan harga tertentu. Problem dalam cara ini adalah kontrak tidak mungkin mencakup semua item-item yang perlu diawasi. Misal karena biaya transportasi belum dimasukkan, maka Goodyear akan berargumen bahwa perusahaan mobil tersebut harus membayar biaya transportasi, sementara perusahaan mobil berpendapat lain. Untuk menghindari situasi tersebut, biaya transportasi harus masuk dalam item untuk negosiasi. Tetapi yang menjadi masalah adalah kontrak tidak mungkin mencakup semua item, sehingga kontrak akan selalu tidak lengkap.

3.  PRODUKSI SECARA INTERNAL: Jika permasalahan dari kontrak semakin rumit, maka akan lebih baik jika perusahaan memprduksi input secara internal. Dalam hal ini perusahaan mengakuisisi perusahaan ban tersebut. Tentunya cara lain bisa dilakukan, misal dengan membuat pabrik ban sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.