Lompat ke konten
Kategori Home » Kesehatan Masyarakat » Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami dan Permanen

Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami dan Permanen

  • oleh

Keputihan atau disebut juga dengan Infeksi jamur vagina disebabkan karena adanya pertumbuhan jamur yang berlebihan, jamur ini secara alami hidup di vagina, dalam bahasa ilmiah disebut Candida albicans.

Pertumbuhan jamur yang berlebih ini dapat memicu iritasi, peradangan, gatal, dan keluarnya cairan yang menyakitkan yang kita sebut dengan keputihan. Kebanyakan wanita mengalami infeksi jamur di beberapa titik.

Beberapa pengobatan keputihan ini dapat Anda atasi dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah ada di rumah. Efektivitas obat alami ini dapat bervariasi, dan bukti keberhasilan mereka sebagian besar bersifat anekdot.

Berikut ini adalah cara menghilangkan keputihan secara alami dan permanen :

1. Gunakan Yogurt

Menurut healthline.com Yogurt kita kenal selama ini sebagai probiotik yang mengandung bakteri hidup, seperti Lactobacillus acidophilus. Bakteri ini sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang sehat di vagina Anda. Mereka dapat membantu mengobati pertumbuhan berlebih yang disebabkan oleh ketidakseimbangan.

Yogurt juga membantu meningkatkan mikrobioma usus dan dapat mengurangi ragi dalam tubuh. Pastikan yogurt tidak mengandung tambahan gula, perasa, dan campuran bahan lainya . Gula yang ditambahkan dapat memicu pertumbuhan jamur Candida. Untuk mengatasi keputihan dengan yogurd  cobalah mengkonsumsi yogurt disertai dengan mengoleskannya ke vulva di sekitar vagina Anda.

2. Konsumsi Pisang

Kandungan serat yang tinggi pada pisang membantu Anda menyingkirkan keputihan yang berlebihan. Makanlah pisang yang sudah matang secara rutin untuk menghentikan keputihan.

3. Air Beras

Air beras terdapat sumber pati yang kaya yang memiliki sifat demulcent yang dapat mengobati peradangan dan gatal-gatal. Jadi, minum saja air beras – cuci beras, saring airnya dan minumlah dan Anda akan merasa lebih baik karena Anda bisa menghilangkan peradangan dan gatal-gatal.

4.Konsumsi Air Putih Yang Cukup

Dengan meminum air yang cukup, juga dapat membantu Anda mengeluarkan racun dari tubuh Anda. Termasuk racun yang memicu terjadinya keputihan

5. Asam borat

Asam borat adalah antiseptik kuat yang menurut beberapa orang berguna untuk mengobati infeksi jamur. Jika Anda hamil, jangan gunakan asam borat dalam bentuk apa pun. Jika Anda memiliki kulit sensitif, ini mungkin bukan pilihan yang baik. Hentikan penggunaan jika ketidaknyamanan mulai dirasakan.

6. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah minyak lemak yang berasal dari buah kelapa. Minyak ini memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk sifat antijamur. Studi menunjukkan bahwa minyak kelapa efektif melawan C. albicans, menjadikan pengobatan alami. Untuk mengobati infeksi jamur vagina menggunakan minyak kelapa, pastikan untuk membeli minyak kelapa organik murni. Anda dapat mengoleskan minyak langsung ke area yang terkena.

7. Vitamin E dan C

Faktanya, penelitian telah menemukan vitamin E dapat membantu mengurangi peradangan pada Candida albicans (Keputihan) . Menjaga tubuh Anda tetap sehat dengan asupan vitamin yang cukup masuk akal ketika berhadapan dengan infeksi jamur.

Vitamin E sebagai supositoria dalam vagina atau minyak vitamin E dapat digunakan sekali atau dua kali sehari selama 3 sampai 14 hari untuk menenangkan selaput lendir vagina dan vulva.

Serta pastikan juga vitamin C juga cukup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *