Lompat ke konten
Home » Kedokteran » Cara Mengatasi Usus Kotor

Cara Mengatasi Usus Kotor

  • oleh

Kesehatan pencernaan merupakan bagian integral dari perasaan bahagia, sehat, dan sehat. Salah satu organ penting dalam sistem pencernaan adalah usus . Kesehatan usus besar adalah bagian penting dari kesehatan pencernaan.

Beberapa orang mengklaim usus besar harus dibersihkan untuk kesehatan pencernaan yang optimal. Namun, penelitian yang membuktikan efektivitas pembersihan masih sedikit dan berkualitas rendah.

Namun, aspek-aspek tertentu dari pembersihan usus besar mungkin bermanfaat. Ini dapat membantu masalah seperti sembelit atau buang air besar tidak teratur, dan ada beberapa bukti bahwa mereka juga dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

Ada beberapa cara untuk membersihkan usus besar secara alami dan cukup dilakukan dirumah.
Pembersihan usus besar alami berikut ini dapat dilakukan dengan murah, dan juga cukup aman jika dilakukan dengan benar.

1. Cara Membersihkan Usus Kotor dengan Banyak Minum Air Putih Hangat

Minum banyak air dan tetap terhidrasi adalah cara yang bagus untuk mengatur pencernaan. Untuk pembersihan usus besar direkomendasikan dengan meminum enam hingga delapan gelas air hangat per hari.

Coba juga makan banyak makanan tinggi kandungan air. Ini termasuk buah dan sayuran seperti semangka, tomat, selada, dan seledri.

2. Saltwater flush

Anda juga bisa mencoba Saltwater flush (air asin). Ini sangat disarankan untuk orang yang mengalami sembelit dan ketidakteraturan.

Sebuah studi 2010 menunjukkan air asin mungkin bisa membersihkan usus besar ketika dipasangkan dengan pose yoga tertentu.

Sebelum makan di pagi hari, campurkan 2 sendok teh garam dengan air hangat. Direkomendasikan garam laut atau garam Himalaya.

Minumlah air dengan cepat saat perut kosong, dan dalam beberapa menit, Anda mungkin akan merasa ingin pergi ke kamar mandi. Lakukan ini di pagi dan sore hari, dan pastikan untuk tinggal di rumah dekat kamar mandi sebentar setelah pembersihan. Anda mungkin perlu ke kamar mandi beberapa kali.

3. Diet tinggi serat

Serat adalah makronutrien esensial yang sering diabaikan dalam makanan. Itu ditemukan secara keseluruhan, makanan nabati yang sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian, dan banyak lagi.

Tanaman mengandung selulosa dan serat yang membantu “mengumpulkan” materi berlebih di usus besar. Mereka juga mengatur sembelit dan usus yang terlalu aktif, sekaligus meningkatkan bakteri bermanfaat sebagai prebiotik.

Pastikan untuk makan banyak makanan berserat tinggi, yang membantu kesehatan usus besar. Mereka juga bagus untuk bakteri usus.

4. Minum Jus

Jus adalah pembersih usus besar yang populer. Ini termasuk puasa dan pembersihan jus buah dan sayuran, seperti master cleanses.

Asupan jus dalam jumlah sedang bisa baik untuk Anda. Campuran jus mengandung beberapa serat dan nutrisi yang bermanfaat bagi pencernaan. Mereka juga menahan air untuk membantu melembabkan .

Terlebih lagi, sebuah penelitian di 2015Trusted Source menemukan bahwa vitamin C dapat membantu membersihkan usus besar. Vitamin C ditemukan dalam banyak buah dan sayuran yang ditambahkan ke campuran jus.

Jus populer untuk pembersihan usus diantaranya adalah jus apel, jus lemon, dan jus sayuran.

5. Puasa

Puasa juga dapat membersihkan Usus yang Kotor, bagi Anda umat Islam bisa melakukan puasa Senin Kamis. Ibadah dapat kesehatan juga dapat.

6. Probiotik

Menambahkan probiotik ke dalam makanan adalah cara lain untuk membersihkan usus besar. Ini juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan banyak cara lain.

Anda bisa mendapatkan lebih banyak probiotik dengan mengonsumsi suplemen probiotik. Juga, makan banyak makanan kaya probiotik, seperti yogurt, kimchi, acar, dan makanan fermentasi lainnya.

Probiotik memasukkan bakteri baik ke usus dengan bantuan serat dan pati resisten. Ini mengekang peradangan dan meningkatkan keteraturan – dua elemen kesehatan pencernaan yang berhubungan dengan usus besar.

Cuka sari apel juga dianggap probiotik dan termasuk dalam pembersih usus besar. Enzim dan asam yang dikandung cuka sari apel diduga menekan bakteri jahat. Saat ini belum ada penelitian tentang hal ini.

7. Teh herbal

Mencoba beberapa teh herbal dapat membantu kesehatan pencernaan melalui usus besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.