Lompat ke konten
Home » Teknik Informatika » Cara Mengatasi an error occurred while uploading the sketch Arduino

Cara Mengatasi an error occurred while uploading the sketch Arduino

  • oleh

an error occurred while uploading the sketch arduino dapat saja terjadi walaupun sebelumnya tidak ada notifikasi error apapun yang muncul, Ternyata cukup banyak pengguna yang juga telah melaporkan masalah ini di forum-forum arduino, tepat nya error ini muncul saat memulai IDE dengan membuka file .ino dan solusi sederhana dapat dilakukan dengan membuka IDE itu sendiri.

Jika belum berhasil berikut adalah solusi perbaikan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi an error occurred while uploading the sketch :

1. Atur tingkat verbositas di Arduino IDE

Lakukan pengaturan verbositas di Arduino IDE dengan cara :

  • Pergi ke  File menu > Preferences> Settings
  • Ceklist pada “Show verbose output during”
  • Upload kembali dan klik OK

Catatan :

Disaat Anda melakukan upload, jangan lupa untuk memperhatikan output tambahan yang memberi tahu Anda apa yang error/salah. Disanan akan mengarahkan Anda ke URL  yang menunjukkan masalah yang paling sering terjadi. Masalah yang paling terjadi adalah Anda lupa untuk beralih antara papan Micro dan Uno (saat saya menggunakan sketsa saya di kedua papan).

2. Restart Dan ganti ke Port USB Lain

Terkadang hanya menukar port usb ke port yang lain (menu Tools > port) dan mengidentifikasi board mana yang Anda gunakan ketika Anda memilih port (Asli / Arduino).

3. Lakukan Reset

Matikan board dan Lepaskan kabel USB Tahan tombol Reset (atau, jalankan kabel jumper dari pin RESET ke pin GND). Dengan kondisi masih menahan tombol Reset sambungkan kembali kabel USB. Mulailah mengupload seharusnya tidak ada error disini (saya menggunakan sketsa Blink).

Ketika Anda melihat lampu confirm berkedip, lepaskan tombol Reset .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.