Lompat ke konten
Home » Kesehatan Masyarakat » Cara Memperbaiki Kualitas Sperma

Cara Memperbaiki Kualitas Sperma

  • oleh
  • Oktober 19, 2021Oktober 19, 2021

Masalah kesuburan dapat dialami oleh beberapa pasangan. Meskipun ketidaksuburan tidak selalu dapat diobati, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki kualitas sperma agar peluang pasangan Anda dapat hamil. Kesuburan terkadang dapat ditingkatkan dengan diet sehat, suplemen, dan strategi gaya hidup lainnya.

Artikel ini mencantumkan beberapa faktor gaya hidup terutama, masalah makanan, nutrisi, dan suplemen yang telah dikaitkan dengan peningkatan kesuburan pada pria.

Apa itu Infertilitas Pada Pria?

Kesuburan mengacu pada kemampuan orang untuk bereproduksi tanpa bantuan medis. Infertilitas pria adalah ketika seorang pria memiliki kesempatan yang buruk untuk membuat pasangan wanitanya hamil. Biasanya tergantung kualitas sel spermanya.

Terkadang ketidaksuburan dikaitkan dengan fungsi seksual, dan di lain waktu bisa dikaitkan dengan kualitas sperma.

Berikut adalah beberapa contohnya :

  • Libido

Atau dikenal sebagai dorongan seks, libido menggambarkan keinginan seseorang untuk berhubungan seks. Makanan atau suplemen yang mengklaim dapat meningkatkan libido disebut afrodisiak.

  • Disfungsi ereksi

Juga dikenal sebagai impotensi, disfungsi ereksi adalah ketika seorang pria tidak dapat mengembangkan atau mempertahankan ereksi.

  • Jumlah sperma

Aspek penting dari kualitas air mani adalah jumlah atau konsentrasi sel sperma dalam jumlah tertentu air mani.

  • Motilitas sperma

Fungsi penting sel sperma yang sehat adalah kemampuannya untuk berenang. Motilitas sperma diukur sebagai persentase sel sperma yang bergerak dalam sampel air mani.

  • Tingkat testosterone

Rendahnya kadar testosteron, hormon seks pria, mungkin bertanggung jawab atas ketidaksuburan pada beberapa pria.

Infertilitas atau kesuburan dapat memiliki banyak penyebab dan mungkin bergantung pada genetika, kesehatan umum, kebugaran, penyakit, dan kontaminan makanan. Selain itu, gaya hidup dan pola makan yang sehat juga penting. Beberapa makanan dan nutrisi dikaitkan dengan manfaat kesuburan yang lebih besar daripada yang lain.

Berikut adalah Cara Dalam Ilmu Sains untuk Memperbaiki Kualitas Sperma :

1. Konsumsi suplemen asam D-aspartat (D-AA)

Asam D-aspartat (D-AA) adalah bentuk asam aspartat, sejenis asam amino yang dijual sebagai suplemen makanan. Seharusnya tidak bingung dengan asam L-aspartat, yang membentuk struktur banyak protein dan jauh lebih umum daripada D-AA.

D-AA terutama hadir di kelenjar tertentu, seperti testis, serta dalam air mani dan sel sperma.

Para peneliti percaya bahwa D-AA terlibat dalam kesuburan pria. Faktanya, kadar D-AA secara signifikan lebih rendah pada pria tidak subur daripada pria subur (3Trusted Source).

Hal ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa suplemen D-AA dapat meningkatkan kadar testosteron, hormon seks pria yang berperan penting dalam kesuburan pria.

Misalnya, sebuah penelitian pada pria tidak subur menyarankan bahwa mengonsumsi 2,7 gram D-AA selama 3 bulan meningkatkan kadar testosteron mereka sebesar 30-60% dan jumlah serta motilitas sperma sebesar 60-100%.

Jumlah kehamilan juga meningkat di antara pasangan mereka.

Studi terkontrol lainnya pada pria sehat menunjukkan bahwa mengonsumsi 3 gram suplemen D-AA setiap hari selama 2 minggu meningkatkan kadar testosteron sebesar 42% (5Trusted Source).

Namun, buktinya tidak konsisten. Studi pada atlet atau pria yang terlatih dengan kekuatan dengan kadar testosteron normal hingga tinggi menemukan bahwa D-AA tidak meningkatkan kadarnya lebih jauh dan bahkan menguranginya pada dosis tinggi (6Trusted Source, 7Trusted Source).

Bukti saat ini menunjukkan bahwa suplemen D-AA dapat meningkatkan kesuburan pada pria dengan kadar testosteron rendah, sementara suplemen tersebut tidak secara konsisten memberikan manfaat tambahan pada pria dengan kadar normal hingga tinggi.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki potensi risiko jangka panjang dan manfaat suplemen D-AA pada manusia.

2. Olahraga Secara Teratur

Selain baik untuk kesehatan Anda, berolahraga secara teratur dapat meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan kesuburan.

Studi menunjukkan bahwa pria yang berolahraga secara teratur memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi dan kualitas air mani yang lebih baik daripada pria yang tidak aktif . Namun, Anda harus menghindari terlalu banyak olahraga, karena dapat memiliki efek sebaliknya dan berpotensi mengurangi kadar testosteron. Mendapatkan jumlah seng yang tepat dapat meminimalkan risiko ini (11 Sumber Tepercaya, 12 Sumber Tepercaya, 13 Sumber Tepercaya).

Jika Anda jarang berolahraga tetapi ingin meningkatkan kesuburan Anda, jadikan aktivitas fisik sebagai salah satu prioritas utama Anda.

3. Dapatkan cukup vitamin C

Anda mungkin sudah akrab dengan vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen antioksidan, seperti vitamin C, juga dapat meningkatkan kesuburan.

Stres oksidatif adalah ketika tingkat spesies oksigen reaktif (ROS) mencapai tingkat berbahaya dalam tubuh.

4. Kurangi Stress dan Jangan Lupa Untuk Bersantai

Sulit untuk mendapatkan mood ketika Anda merasa stres, tetapi mungkin ada lebih dari itu daripada tidak ingin berhubungan seks. Stres dapat mengurangi kepuasan seksual Anda dan mengganggu kesuburan Anda .

Para peneliti percaya bahwa hormon kortisol sebagian dapat menjelaskan efek buruk dari stres.

Stres yang berkepanjangan meningkatkan kadar kortisol, yang memiliki efek negatif yang kuat pada testosteron. Ketika kortisol naik, kadar testosteron cenderung turun .

Sementara kecemasan yang parah dan tidak dapat dijelaskan biasanya diobati dengan obat-obatan, bentuk stres yang lebih ringan dapat dikurangi dengan teknik relaksasi. Manajemen stres bisa sesederhana berjalan-jalan di alam, bermeditasi, berolahraga, atau menghabiskan waktu bersama teman-teman.

5. Dapatkan cukup vitamin D

Vitamin D bisa menjadi penting untuk kesuburan pria dan wanita. Ini adalah nutrisi lain yang dapat meningkatkan kadar testosteron. Satu studi observasional menunjukkan bahwa pria yang kekurangan vitamin D lebih cenderung memiliki kadar testosteron rendah.

Sebuah studi terkontrol pada 65 pria dengan kadar testosteron rendah dan kekurangan vitamin D mendukung temuan ini. Mengkonsumsi 3.000 IU vitamin D3 setiap hari selama 1 tahun meningkatkan kadar testosteron mereka sekitar 25% (28).

6. Coba tribulus terrestris

Tribulus terrestris, juga dikenal sebagai anggur tusukan, adalah ramuan obat yang sering digunakan untuk meningkatkan kesuburan pria.

Satu studi pada pria dengan jumlah sperma rendah menunjukkan bahwa mengonsumsi 6 gram akar tribulus dua kali sehari selama 2 bulan meningkatkan fungsi ereksi dan libido.

Sementara Tribulus terrestris tidak meningkatkan kadar testosteron, penelitian menunjukkan bahwa itu dapat meningkatkan efek peningkatan libido. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi sifat afrodisiaknya dan mengevaluasi risiko dan manfaat jangka panjang dari suplementasi dengannya.

7. Minum suplemen fenugreek

Fenugreek (Trigonella foenum-graecum) adalah ramuan kuliner dan obat yang populer. Satu studi pada 30 pria yang berlatih kekuatan empat kali seminggu menganalisis efek mengonsumsi 500 mg ekstrak fenugreek setiap hari.

8. Dapatkan cukup Zink

Zink adalah mineral penting yang ditemukan dalam jumlah tinggi dalam makanan hewani, seperti daging, ikan, telur, dan kerang.

Mendapatkan cukup seng adalah salah satu pilar kesuburan pria.

Studi observasional menunjukkan bahwa status atau defisiensi seng yang rendah dikaitkan dengan kadar testosteron yang rendah, kualitas sperma yang buruk, dan peningkatan risiko infertilitas pria .

9. Pertimbangkan ashwagandha

Ashwagandha (Withania somnifera) adalah ramuan obat yang telah digunakan di India sejak zaman kuno. Studi menunjukkan bahwa ashwagandha dapat meningkatkan kesuburan pria dengan meningkatkan kadar testosteron.

Satu studi pada pria dengan jumlah sel sperma rendah menunjukkan bahwa mengambil 675 mg ekstrak akar ashwagandha per hari selama 3 bulan secara signifikan meningkatkan kesuburan.

Secara khusus, itu meningkatkan jumlah sperma sebesar 167%, volume air mani sebesar 53%, dan motilitas sperma sebesar 57%, dibandingkan dengan tingkat pada awal penelitian. Sebagai perbandingan, perbaikan minimal terdeteksi di antara mereka yang mendapat pengobatan placebo.

10. Makan akar maca

Mengambil suplemen akar maca dapat meningkatkan libido, serta kesuburan dan kinerja seksual. Akar Maca adalah makanan nabati populer yang berasal dari Peru tengah. Secara tradisional, telah digunakan karena kemampuannya untuk meningkatkan libido dan kesuburan.

Referensi :

“https://www.healthline.com/ dan https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20545400/)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.