Lompat ke konten
Home » Ilmu Psikologi » Cara Berfikir logis Selama Wawancara Kerja

Cara Berfikir logis Selama Wawancara Kerja

  • oleh
  • Oktober 12, 2021Oktober 12, 2021

Banyak pewawancara tidak mengajukan pertanyaan yang berhubungan langsung dengan berpikir logis, melainkan akan membingkai pertanyaan dengan cara yang mendorong Anda untuk menunjukkan kemampuan Anda menggunakan keterampilan logika. Untuk menunjukkan pemikiran logis selama wawancara, gunakan langkah-langkah ini:

1. Bicarakan tentang langkah-langkah yang Anda ambil atau akan ambil untuk situasi tertentu

Tunjukkan kepada pewawancara proses yang akan Anda gunakan untuk mengambil keputusan atau berikan contoh bagaimana Anda melakukannya di masa lalu. Faktor-faktor yang harus disertakan dalam langkah-langkah ini adalah pertanyaan yang akan Anda ajukan, data yang akan Anda analisis, dan penelitian tambahan yang akan Anda lakukan untuk sampai pada kesimpulan yang layak.

2. Memberikan beberapa solusi untuk masalah yang diberikan

Beberapa pewawancara akan meminta Anda untuk memecahkan masalah hipotetis untuk menunjukkan bahwa Anda dapat berpikir secara logis. Menawarkan beberapa kemungkinan solusi untuk masalah ini menunjukkan bahwa Anda dapat berpikir di luar jawaban yang jelas.

3. Tunjukkan bahwa Anda terbuka terhadap ide dan konsep baru

Bagian penting dari berpikir logis adalah kesediaan untuk mengeksplorasi ide dan konsep baru. Tunjukkan keterbukaan pikiran Anda dalam wawancara dan bagaimana Anda mendapat manfaat dari berpikiran terbuka di posisi sebelumnya.

4. Buktikan rekam jejak Anda untuk berpikir logis

Semakin banyak pengalaman yang Anda miliki untuk berpikir secara logis, semakin menarik calon Anda. Sebutkan contoh saat Anda berhasil menggunakan keterampilan logika di posisi sebelumnya dan bagaimana keterampilan itu membantu Anda mengambil keputusan penting dan efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.