Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Biaya Tetap dan Biaya Variabel

Biaya Tetap dan Biaya Variabel

  • oleh
  • Oktober 10, 2020Oktober 10, 2020

Biaya umumnya akan menghasilkan klasifikasi tiap pengeluaran sebagai biaya tetap, biaya variabel, atau biaya semivariabel.

Biaya Tetap

Biaya Tetap didefinisikan sebagai biaya yang secara total tidak berubah saat aktivitas bisnis meningkat atau menurun Jika aktiviitas diharapkan untuk meningkat di atas kapasitas yang sekaarang, biaya tetap harus dinaikan untuk menangani peningkatan volume yang diperkirakan. Misalnya overhead pabrik memasukan item seperti supervisi, penyusutan, sewa, asuransi properti, pajak properti – semuanya secara umum dianggap sebagai biaya tetap. Jika perkiraan permintaan produksi meningkat maka terdapat peningkatan tingkat pengeluaran atas setiap item overhead pabrik Satu jenis biaya tertentu diklasifikasikan sebagai biaya tetap hanya dalam rentang aktivitas yang terbatas yang disebut rentang relevan (relevant range)

Beban tetap diskresioner (discretionary fixed costs)atau biaya tetap terprogram (programmed fixed costs) yaitu pengeluaran bersifat tetap karena adanya kebijakan manajemen

Beban tetap terikat ( commited fixed costs )adalah pengeluaran yang membutuhkan suatu seri pembayaran selama jangka waktu yang lama

Biaya Variabel

Biaya variabel didefinisikan sebagai biaya yang secara total meningkat secara proporsional terhadap peningkatan dalam aktivitas dan menurun secara proporsional terhadap penurunan dalam aktivitas. Yang termasuk biaya variabel adalah biaya bahan baku langsung, tenaga kerja langsung, beberapa perlengkapan, beberapa tenaga kerja tidak langsung, alat-alat kecil, pengerjaan kecil, pengerjaan ulang dan unit-unit rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.