Biaya relevan adalah (a) biaya masa depan yang diharapkan, (b) yang akan berbeda diantara berbagai alternative. Aspek kontribusi dari analisa biaya relevan telah menunjukan bahwa biaya masa depan yang diharapkan yang tidak akan berbeda adalah tidak relevan, untuk dipakai memilih diantara beberapa alternative.
Persediaan yang tidak terpakai lagi (obsolete inventory)
Suatu perusahaan memilki seratus suku cadang roket yang tidak terpakai lagi dan terus didimpan dalam persediaan, dengan biaya produksi sebesar $100.000. suku cadang tersebut (1) diolah kembali dengan biaya $30.000 dan kemudian dijual dengan harga $50.000 atau (2) menjadi besi tua dan dijual dengan harga $5000. manakah yang harus diperbuat?
Ini merupakan situasi yang tidak menguntungkan, namun demikian biaya sebesar $100.000 itu tidak lah relevan untuk keputusan apakah akan megelola kembali atau menjadikannya besi tua. Factor yang relevan hanyalah pendapatan (revenue) dan biaya masa depan yang diharapkan sebagai berikut:
Remachine | Scrap | Different | |
Expected future revenue | $50.000 | $5000 | $45.000 |
Expected future cost | 30.000 | – | 30.000 |
Relevant excess of revenue over cost | $20.000 | $5.000 | $15.000 |
Accumulated historical inventory cost | 100.000 | 100.000 | – |
Net overall loss on project | $(80.000) | $(95.000) | $15.000 |
Kita dapat mengesampingkan sama sekali biaya historisnya dan tetap saja mendapatkan perbedaan atau selisih sebesar $15.000, yaitu angka kunci di dalam analisa ini.