Lompat ke konten
Kategori Home » Ekonomi » Biaya penghapusan/depresiasi/penyusutan

Biaya penghapusan/depresiasi/penyusutan

  • oleh

Biaya tetap berupa penghapusan/ depresiasi/ penyusutan harus dihitung pada metode berupa aktiva tetap atau biaya investasi yang umur pakainya lebih dari satu tahun. Relevansi konsep ini dengan perusahaan hutan antara lain karena perusahaan hutan dalam operasinya memerlukan modal antara lain untu pembelian alat berat (traktor, logging truck, kendaraan lain, bangunan gedung kantor/perumahan, alat-alat mekanis pada persemaian dll).

Terhadap biaya modal/investasi di atas harus diperhitungkan nilai depresiasi yang besarnya didasarkan atas umur pakai aktiva tetap di atas dan juga perkiraan bilai residu pada saat akhir umur pakainya. Dana dan biaya depresiasi ini akan tertanam/tersimpan karena pada kenyataanya tidak dikeluarkan dalam bentuk uang kas, dan pada saat mencapai umur pakai merupakan sumber dana untuk investasi kembali aktiva tersebut. Untuk menghitung biaya depresiasi ada beberapa metode seperti berikut:

a. Metode Garis Lurus (Straight line depreciation method)

Metode ini didasarkan atas jumlah depresiasi setiap tahun sama (seragam) selama umur pakai aktiva tetap/investasi tersebut

b. Metode jumlah tahun (digit)

Jumlah tahun digits diperoleh dengan rumus: 1 + 2 + 3+ n – 1 + n = n(n+1) /2

Dengan cara ini maka nilai depresiasi setiap tahun tidak sama, dan dihitung dengan rumus:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *