Lompat ke konten
Home » Teknik Sipil » Batas Canis Lembar Peta pada Peta Topografi (Topographic Sheet Limits)

Batas Canis Lembar Peta pada Peta Topografi (Topographic Sheet Limits)

  • oleh
  • September 21, 2021September 21, 2021

Batas garis lembar peta dari setiap rangkaian peta topografi merupakan suatu hal yang hams ditentukan pada permulaan pembuatan peta tersebut. Garis lembar peta yang dimaksud adalah ” map face ” merupakan garis yang membatasi “muka” atau luasan dari suatu daerah pada suatu lembar peta.

Faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan garis lembar peta tersebut adalah :

1. Ukuran lembar kertas (sheet size)

Ukuran lembar kertas yang cukup besar akan mempengaruhi jumlah lembar kertas yang dibutuhkan untuk suatu rangkaian peta disebabkan daerah yang dipetakan dapat luas.

Dari segi ekonomi, hal ini memberi keuntungan baik dari pihak pemakai peta maupun pembuat peta. Ukuran lembar kertas biasanya sudah ada standartnya yang umum disesuaikan dengan ukuran pada mesin cetak.

2. Batasan garis lembar peta (sheet limit)

Dalam satu rangkaian peta (map series) semua lembar peta dicetak dalam satu ukuran.

Untuk membatasinya, dipakai 2 system :

  • Grid
  • Gratikul (graticule)

Kedua system ini mempunyai keuntungan dan kerugiannya. Sistem gratikul memungkinkan si pemakai peta dapat dengan segera menetapkan lokasi geografi tempat tertentu, sedangkan system grid untuk penentuan lokasi geografinya harus dilakukan dengan table konversi.

Tetapi akhirakhir ini dipakai suatu system UTM grid, sehingga penentuan lokasi geografinya dapat dengan mudah ditentukan.

3. Keadaan khusus

Kadang-kadang diperlukan suatu keadaan khusus misalnya diberi “inset” (peta daerah yang kecil di luar system grid/gratikul yang ada hubungannya dengan daerah utama).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.