Lompat ke konten
Home » Teknik Elektro » Bahan semihantar pembentuk LED

Bahan semihantar pembentuk LED

  • oleh
  • November 17, 2021November 17, 2021

LED  dirancang  sebagai  sumber  cahaya  yang  berdaya  guna  tinggi  untuk keperluan sistem komunikas optoelektronika, khususnya pada warna cahaya merah dan inframerah. Panjang gelombang cahaya yang diperoleh berbanding terbalik dengan celah tenaga transisi antara bidang hantaran dan bidang valensi. Hubungan tersebut dirumuskan dengan persamaan (3.1) dan (3.2).

Pemilihan jenis bahan untuk LED disesuaikan dengan panjang-gelombang cahaya yang diharapkan keluar. Ada cukup banyak bahan semihantar yang dapat menghasilkan cahaya, namun hanya sedikit yang cocok sebagai bahan digunakan dalam praktek.

Dalam hal untuk keperluan komunikasi, dipilih LED yang menghasilkan cahaya merah atau inframerah. Alasan pemilihan ini, dalam hubungannya dengan penyaluran isyarat melalui serat optis, adalah susutan daya pada cahaya merah dan inframerah yang relatif kecil dibanding dengan cahaya pada kawasan frekuensi lainnya.

Jenis bahan LED yang banyak digunakan secara komersial antara lain GaAs, GaP, dan kombinasi Ga(As,P). Pada tabel di atas diberikan contoh bahan semihantar yang banyak digunakan, besar celah tenaga, panjang-gelombang cahaya yang dihasilkan, dan macam aras transisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.