Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Bagaimana Cara Menerapkan CRM

Bagaimana Cara Menerapkan CRM

  • oleh

Implementasi solusi manajemen hubungan pelanggan (CRM) paling baik diperlakukan sebagai proses enam tahap, mulai dari mengumpulkan informasi tentang pelanggan Anda dan memprosesnya hingga menggunakan informasi itu untuk meningkatkan pemasaran dan pengalaman pelanggan Anda.

Langkah Pertama – Mengumpulkan informasi

Prioritasnya adalah menangkap informasi yang Anda butuhkan untuk mengidentifikasi pelanggan Anda dan mengkategorikan perilaku mereka. Bisnis dengan situs web dan layanan pelanggan online memiliki keuntungan karena pelanggan dapat memasukkan dan menyimpan detail mereka sendiri saat membeli.

Langkah Kedua- Menyimpan informasi

Cara paling efektif untuk menyimpan dan mengelola informasi pelanggan Anda adalah dalam basis data relasional – basis data pelanggan terpusat yang memungkinkan Anda menjalankan semua sistem Anda dari sumber yang sama, memastikan bahwa setiap orang menggunakan informasi terkini.

Langkah Ketiga – Mengakses informasi

Dengan informasi yang dikumpulkan dan disimpan secara terpusat, tahap selanjutnya adalah membuat informasi ini tersedia bagi staf dalam format yang paling berguna.

Langkah Keempat- Menganalisis perilaku pelanggan

Menggunakan alat penambangan data dalam program spreadsheet, yang menganalisis data untuk mengidentifikasi pola atau hubungan, Anda dapat mulai membuat profil pelanggan dan mengembangkan strategi penjualan.

Langkah Kelima- Pemasaran lebih efektif

Banyak bisnis menemukan bahwa sebagian kecil dari pelanggan mereka menghasilkan persentase yang tinggi dari keuntungan mereka. Menggunakan CRM untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan, keinginan, dan persepsi pelanggan Anda, Anda dapat memberi penghargaan dan menargetkan pelanggan Anda yang paling berharga.

Langkah Keenam – Meningkatkan pengalaman pelanggan

Sama seperti sekelompok kecil pelanggan yang paling menguntungkan, sejumlah kecil pelanggan yang mengeluh sering kali menghabiskan jumlah waktu staf yang tidak proporsional. Jika masalah mereka dapat diidentifikasi dan diselesaikan dengan cepat, staf Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk pelanggan lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.