Lompat ke konten
Home » Sosial Politik » Apakah itu Community Organizer (CO)

Apakah itu Community Organizer (CO)

  • oleh
  • Februari 2, 2021Februari 2, 2021

Definisi Community Organizer (CO) saat ini cukup beragam. Banyak organisasi atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) menggunakan istilah ini untuk kepentingan dan tujuan dari organisasinya dan mereka menyebutnya dengan istilah organiser, kader, pendamping dan sebagainya kepada petugas yang dikirimkan ke tengahtengah masyarakat.

CO atau Community Organizer adalah orang atau sekelompok orang dari organisasi tertentu yang dikirimkan ke tengah-tengah masyarakat atau komunitas  untuk  melaksanakan  tugas-tugas  dari  sebuah  organisasi dalam membangun gerakan sosial dalam konteks perubahan sosial yang lebih baik.

CO bisa berasal dari mana saja. Dari sebuah organisasi atau bahkan dari kalangan masyarakat biasa. Namun secara garis besar, CO berasal orang atau anggota organisasi yang mempunyai kemampuan kompleks dalam membangun sebuah kesadaran sosial di masyarakat atau di komunitas yang menjadi basis pengorganisirannya.

Sebelum terjun ditengah masyarakat atau komunitas yang menjadi basis pengorganisirannya,  CO  biasanya  dibekali  dengan  keahlian  khusus  berupa teoritik atau skill standar yang ditujukan untuk kepentingan organisasi yang mengirimya.

Biasanya kemampuan CO dibedakan menjadi 2 bagian ; kemampuan atau kecakapan standar (umum) dan kemapuan khusus sesuai bidangnya atau sesuai kepentingannya.

Bagaimana dan dimana CO bekerja ?

CO   bekerja   ditengah-tengah   masyarakat   yang   menjadi   basis pengorganisirannya sesuai dengan kepentingan atau isu yang diamanatkan oleh organisasinya.

Referensi : Universitas Gadjah Mada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.