Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Apa manfaat dari struktur perincian risiko? (risk breakdown structure)

Apa manfaat dari struktur perincian risiko? (risk breakdown structure)

  • oleh

Struktur perincian risiko dapat membantu memberikan pandangan yang lebih lengkap dan teratur tentang risiko yang terkait dengan proyek tertentu, sambil membantu PM lebih tepat menetapkan sumber daya dan merencanakan dampak positif atau negatif dari risiko yang teridentifikasi. Tapi mengapa manajemen risiko begitu penting bagi manajer proyek?

Mengapa menilai risiko itu penting

Manfaat menilai risiko proyek dan manajemen risiko yang tepat tidak dapat dilebih-lebihkan. Sebuah studi PMI tahun 2002 menemukan bahwa “ada hubungan yang kuat antara jumlah manajemen risiko yang dilakukan dalam sebuah proyek, dan tingkat keberhasilan proyek; proyek yang lebih sukses menggunakan lebih banyak manajemen risiko.”

Salah satu contoh tragis yang menggambarkan pentingnya penilaian risiko yang tepat adalah pesawat ulang-alik Columbia, yang hancur saat masuk kembali dari orbit pada tahun 2003.

Setelah penyelidikan, sebuah laporan menyatakan bahwa awak pesawat ulang-alik mungkin saja memperbaiki kerusakan yang diderita sayap, atau untuk diselamatkan dari pesawat ulang-alik. Meskipun tidak setiap proyek melibatkan risiko tingkat hidup atau mati, kenyataannya adalah kegagalan untuk menilai risiko dengan benar dapat berdampak besar pada pelaksanaan proyek akhir.

Penting juga untuk diingat bahwa tidak setiap risiko menimbulkan efek potensial negatif; risiko mungkin juga memiliki dampak positif, yang sebenarnya dapat meningkatkan atau mempercepat pelaksanaan proyek.

Cara membuat template struktur perincian risiko

Untuk kesederhanaan dan konsistensi, banyak organisasi mengadopsi template struktur perincian risiko yang merupakan standar untuk semua proyek. Untuk memulai, pertama-tama identifikasi kategori risiko utama yang berlaku untuk industri atau proyek Anda.

Misalnya, pengembang perangkat lunak dapat mengidentifikasi kategori risiko seperti rekayasa produk, lingkungan pengembangan, dan kendala program. Proyek konstruksi, di sisi lain, dapat mencakup kategori seperti lingkungan, industri, klien, dan proyek.

Dari sana, Anda dan tim Anda dapat mulai memecah risiko spesifik dalam setiap kategori utama dan memulai proses penilaian risiko. Tentu saja, dengan alat yang tepat, membuat template struktur perincian risiko jauh lebih mudah. Dengan templat dan matriks proyek bawaan Wrike, Anda akan diperlengkapi untuk menyesuaikan struktur perincian risiko yang secara tepat menangani risiko spesifik yang terkait dengan proyek Anda berikutnya. Mulailah dengan Wrike hari ini dan lihat betapa sederhananya manajemen proyek dengan uji coba dua minggu gratis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.