Lompat ke konten
Home » Pendidikan » Apa itu Teori Belajar Kognitif ?

Apa itu Teori Belajar Kognitif ?

  • oleh
  • Desember 19, 2020Desember 19, 2020

Teori Belajar Kognitif adalah peserta aktif dalam proses. Mereka datang ke meja dengan keterampilan, pengetahuan, ingatan, dan informasi relevan mereka sendiri yang telah mereka pelajari di masa lalu. Ketika mempelajari sesuatu yang baru, individu memproses dan membangun pemahaman mereka sendiri tentang suatu topik berdasarkan pengalaman dan pengetahuan masa lalu mereka.

Strategi Belajar Kognitif

Untuk memahami teori ini sepenuhnya, mari kita lihat empat psikolog yang membentuk konsep pembelajaran kognitif. Kami juga menunjukkan bagaimana teori mereka, atau strategi pembelajaran, dapat diimplementasikan dalam lingkungan pembelajaran perusahaan.

Pendekatan yang berpusat pada peserta didik

Pembelajaran bersifat kumulatif dan relatif untuk setiap individu. Saat kita belajar, kita mulai dengan dasar pengetahuan dan pergi dari sana. Jean Piaget, seorang psikolog Swiss dan pelopor Teori Pembelajaran Kognitif, menyukai pendekatan pengajaran yang berpusat pada peserta didik ini. Dia menyarankan bahwa akomodasi, asimilasi, dan keseimbangan semuanya penting untuk pembelajaran:

  • Akomodasi – bagaimana kami mengubah apa yang telah kami ketahui untuk mempertimbangkan informasi baru;
  • Asimilasi – bagaimana pengetahuan baru diatur di kepala kita bersama apa yang sudah kita ketahui;
  • Ekuilibrasi – keseimbangan antara apa yang sudah kita ketahui dan apa yang sedang kita kuasai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.