Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Apa itu Rekening Koran ?

Apa itu Rekening Koran ?

  • oleh
  • September 3, 2021September 3, 2021

Kredit rekening Koran adalah kredit yang diberikan oleh Bank kepada perusahaan dengan batas plafond tertentu di mana perusahaan mengambilnya tidak sekaligus melainkan sebagian demi sebagian sesuai dengan kebutuhannya, dan bunga yang dibayar hanya untuk jumlah yang telah diambil saja, meskipun sebenarnya perusahaan meminjamnya lebih dari jumlah tersebut.

Perusahaan hanya akan mengambil kredit Rekening Koran dalam hal hal yang perlu saja, misalnya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan akan modal perusahaan atau modal kerja pada top fluktuasi sebagai akibat dan gelombang konjungtur atau musim. Apabila uang ini sudah tidak dibutuhkan lagi, maka disetor kembali kepada Bank untuk kemudian diambil lagi kalau membutuhkan lagi dikemudian hari.

Dengan demikian bentuk kredit ini adalah elastis sekali, tetapi bunganya adalah relatif tinggi (kredit pendek tangan kedua). Perusahaan menganggap kredit ini sebagai “kredit cadangan” (reserve credit), karena kredit ini hanya mempunyai sifat melengkapi. Bank dalam memberikan kredit Rekening Koran dapat mengilcat perusahaan yang bersangkutan dengan berbagai syarat atau klausal (clausule) yaitu antara lain:

a. Klausul pembatalan

b. Klausul likuiditas darurat

c. Klausul pemeriksaan

d. Klausul penerimaan dan pembayaran melalui Bank

e. Klausul jaminan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.