Lompat ke konten
Home » Sosial Politik » Apa Itu Pengangguran?

Apa Itu Pengangguran?

  • oleh

Yang dimaksud dengan pengangguran adalah seseorang yang berusia kerja , yang tidak memiliki pekerjaan, mampu dan bersedia untuk bekerja, serta aktif mencari pekerjaan. Ini berarti siapa pun tanpa pekerjaan yang mencari pekerjaan.

Definisi pengangguran ini spesifik dan kaku. Di sisi lain, orang yang dipekerjakan secara sederhana didefinisikan sebagai seseorang yang memiliki pekerjaan. Pekerjaan dapat mencakup apa saja mulai dari melakukan pekerjaan penuh waktu hingga melakukan pekerjaan paruh waktu hingga menjadi wiraswasta. Baik penganggur maupun yang bekerja merupakan “angkatan kerja”, atau bagian dari populasi yang mampu dan tertarik untuk bekerja. Tidak termasuk dalam angkatan kerja adalah warga negara yang tidak mencari pekerjaan – misalnya, ibu rumah tangga, mahasiswa, atau “pekerja yang putus asa” (seseorang yang berhenti mencari pekerjaan karena mereka yakin tidak ada pekerjaan yang tersedia) .

Bagaimana Cara Mengukur Pengangguran ?

Di Amerika Serikat, tingkat pengangguran ditentukan setiap bulan oleh Biro Statistik Tenaga Kerja menggunakan dua survei terpisah:

1. Laporan Pendirian.

Untuk survei ini, sampel acak dari pemberi kerja ditanyai berapa banyak orang yang menerima gaji.

2. Survei Penduduk Saat Ini.

Untuk survei ini, BLS melakukan survei rumah tangga terhadap 60.000 rumah tangga (mulai dari lokasi, geografi, dan susunan ekonomi) dan menanyakan tentang status pekerjaan setiap orang yang memenuhi syarat di rumah tersebut.

Setelah data dikumpulkan dengan Laporan Pendirian dan Survei Penduduk Saat Ini, Biro Statistik Tenaga Kerja menerbitkan Laporan Ketenagakerjaan, yang mencakup statistik pengangguran untuk bulan itu.

Bagaimana Cara Menghitung Tingkat Pengangguran ?

Tingkat pengangguran di suatu negara diukur sebagai persentase angkatan kerja. Dengan menggunakan persentase, yang disebut tingkat pengangguran, analis dan ekonom dapat secara otomatis menjelaskan peningkatan alami dalam populasi yang sebaliknya akan mengurangi angka pengangguran dan lapangan kerja.

Rumus untuk mengetahui tingkat pengangguran adalah:

Tingkat pengangguran = (Pekerja yang menganggur / Total angkatan kerja) x 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.