Lompat ke konten
Home » Pendidikan » Apa itu Parafrase ?

Apa itu Parafrase ?

  • oleh
  • Desember 23, 2021Desember 23, 2021

Parafrase adalah pernyataan ulang atau penulisan ulang paragraf atau teks, untuk meminjam, mengklarifikasi, atau memperluas informasi tanpa menjiplak. Parafrase adalah alat penting untuk digunakan saat menulis makalah penelitian, esai, dan karya jurnalistik.

Contoh Parafrase

Untuk contoh parafrase :

  1. Dia membuatku marah ketika dia bersikap kasar saat makan malam. Parafrase ini adalah contoh dari rewording yang memperpendek dan menyederhanakan dengan tetap mempertahankan arti yang sama.
  • Ketidaksopanan, gosip, dan kurangnya rasa hormatnya saat makan malam membuatku marah. Pengulangan ini mempertahankan arti yang sama tetapi disusun ulang dengan cara yang kreatif.

Jenis-Jenis Parafrase

1. Perubahan Bagian Bicara

Parts of speech mulai dari verb dan nouns hingga adjectives dan adverbs diganti dengan part of speech baru dalam jenis paraphrasing ini. Berikut ini contohnya: Kalimat asli: Anak laki-laki itu dengan cepat berlari melintasi garis finis, merebut kemenangan lagi. Parafrase: Bocah cepat itu meraih kemenangan lagi ketika dia berlari melintasi garis finis. Dalam contoh ini, banyak bagian ucapan yang diubah: kata keterangan dengan cepat menjadi kata sifat cepat, dan frasa kata kerja dengan gerund seizing menjadi kata kerja yang disita.

2.  Perubahan Struktur

Jenis parafrase ini melibatkan perubahan struktur kalimat, terkadang menciptakan suara pasif dari suara aktif dan sebaliknya. Perubahan struktur dapat digunakan untuk mencerminkan interpretasi penulis terhadap kutipan aslinya. Berikut adalah contoh parafrase perubahan struktur: Kalimat asli: Anak anjing diadopsi oleh banyak jiwa yang baik di drive anak anjing. Parafrase: Banyak jiwa yang baik mengadopsi anak anjing selama perjalanan anak anjing. Dalam contoh ini, objek kalimat (kind souls) menjadi subjek dengan suara aktif (adopsi) daripada suara pasif (diadopsi).

3.  Pengurangan Klausa

Pengurangan klausa Parafrasa mengurangi jumlah klausa dalam sebuah kalimat, yang dapat mengganggu atau membingungkan, dengan memasukkan frasa ke dalam kalimat. Berikut adalah contoh reduksi parafrase klausa: Kalimat asli: Meskipun saya mengerti dari mana Anda berasal, dan benar-benar menghargai pendapat Anda, saya berharap Anda mengekspresikan diri Anda dengan lebih jelas, seperti yang dilakukan Clara. Parafrase: Saya mengerti dari mana Anda berasal dan menghargai pendapat Anda, tetapi saya berharap Anda akan lebih seperti Clara dan mengekspresikan diri Anda dengan lebih jelas.

4.  Penggantian Sinonim

Parafrase penggantian sinonim adalah salah satu bentuk parafrase yang paling sederhana: mengganti kata dengan kata yang mirip, atau sinonim. Berikut ini contohnya: Kalimat asli: Warga yang lebih tua dihormati dengan parade untuk mereka yang pernah berada di militer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.