Lompat ke konten
Home » Pendidikan » Apa Itu Paleolitikum ?

Apa Itu Paleolitikum ?

  • oleh
  • Agustus 2, 2021Agustus 2, 2021

Paleolitikum bermakna Zaman Batu Tua,  merupakan bagian paling awal dari Zaman Batu . Sebagian besar waktu di mana hominin menggunakan batu untuk membuat alat dan berkisar dari penggunaan alat pertama yang diketahui kira-kira 2,6 juta tahun yang lalu hingga akhir Zaman Es terakhir sekitar 12.000 tahun yang lalu, dengan sebagian dari budaya alat batunya berlanjut hingga 10.000 tahun yang lalu di beberapa daerah.

Dengan demikian, ini sesuai dengan kerangka waktu zaman geologis Pleistosen, yang melihat gelombang glasial dan interglasial menyapu planet ini. Konotasi istilah melampaui karakteristik industri batu, namun, sebagai Paleolitikum juga lebih umum terkait dengan budaya dan gaya hidup berburu , mengumpul.

Paleolitikum  ini digantikan oleh Mesolitik ( Zaman Batu Tengah), di mana orang beradaptasi dengan lingkungan yang berubah setelah akhir Zaman Es terbaru, dan Neolitik (Zaman Batu Baru) yang melihat penyebaran pertanian dan berakhir dengan datangnya alat yang terbuat dari perunggu. Mungkin menarik untuk menyebutkan bahwa Zaman Batu secara keseluruhan membentuk sekitar 99% dari teknologi umat manusia – jadi alat-alat batu memang sangat populer untuk waktu yang lama.

Tahapan Paleolitikum

Dengan Paleolitikum yang mencakup jangka waktu yang hampir tidak dapat dipahami, untungnya pikiran manusia modern kita yang berorientasi organisasi telah muncul dengan beberapa tahap.

  • Paleolitikum Awal  : Dari penggunaan alat paling awal yang diketahui sekitar 2,6 juta tahun yang lalu, dengan inti sederhana, potongan serpihan, dan kemudian biface besar, hingga kira-kira 250.000 tahun yang lalu;
  • Paleolitikum Tengah : Dari 250.000 tahun yang lalu, dengan fokus baru pada serpihan retouched dan inti yang disiapkan, yang terus populer di area tertentu hingga akhir c. 30.000 tahun yang lalu (ketika daerah lain telah beralih ke apa yang kita lihat sebagai alat Paleolitik Atas);
  • Palaeolitikum Akhir : Mulai muncul sekitar 50.000/40.000 tahun yang lalu, industri ini mengalami perkembangan pesat baik dari segi bentuk alat maupun bahan sumbernya (sekarang juga banyak tulang, tanduk, dan gading), yang di beberapa daerah dibawa melewati akhir zaman es terakhir sampai ke c. 10.000 tahun yang lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.