Lompat ke konten
Home » Ilmu Psikologi » Apa itu Berpikir Logis ?

Apa itu Berpikir Logis ?

  • oleh
  • Oktober 26, 2020Oktober 26, 2020

Berpikir logis adalah tindakan menganalisis situasi dan menghasilkan solusi yang masuk akal. Mirip dengan berpikir kritis, berpikir logis membutuhkan penggunaan keterampilan penalaran untuk mempelajari masalah secara objektif, yang akan memungkinkan Anda membuat kesimpulan rasional tentang bagaimana melanjutkan. Ketika Anda menggunakan fakta-fakta yang tersedia untuk Anda untuk mengatasi masalah yang mungkin Anda hadapi di tempat kerja, misalnya, Anda menggunakan keterampilan penalaran logis.

Dalam artikel ini, kami akan membahas alasan mengapa berpikir logis dapat membantu Anda menjadi profesional yang lebih kuat dengan tip tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan keterampilan berpikir logis Anda.

Mengapa keterampilan berpikir logis penting?

Keterampilan berpikir logis penting karena dapat membantu Anda bernalar melalui keputusan penting, memecahkan masalah, menghasilkan ide-ide kreatif, dan menetapkan tujuan, semuanya diperlukan untuk mengembangkan karier Anda. Apakah Anda baru saja memasuki dunia kerja atau ingin memajukan karir Anda, Anda akan menemukan tantangan setiap hari yang membutuhkan keterampilan penalaran logis. Semakin kuat keterampilan berpikir logis Anda, semakin mudah Anda menemukan solusi dan rencana yang menguntungkan Anda dan tempat kerja Anda.

Bagaimana membangun berpikir logis ?

Ada banyak cara untuk memperkuat pemikiran logis dalam pekerjaan Anda sehari-hari. Berikut beberapa metode yang dapat Anda pertimbangkan untuk mengembangkan keterampilan berpikir logis Anda:

1. Luangkan waktu untuk hobi kreatif.

Outlet kreatif seperti menggambar, melukis, menulis, dan memainkan musik dapat merangsang otak dan membantu mendorong pemikiran logis. Berpikir kreatif secara alami mengembangkan kemampuan pemecahan masalah yang dapat membantu Anda menjadi lebih baik di tempat kerja.

Mempelajari instrumen baru, misalnya, membutuhkan pemikiran dan konsentrasi yang dalam. Keterampilan berpikir logis yang akan Anda peroleh dari proses ini dapat membantu Anda mendekati pekerjaan Anda dengan lebih cermat, mengembangkan kemampuan Anda untuk memecahkan lebih banyak masalah dengan fleksibilitas dan kemudahan.

Selain itu, hobi kreatif membantu mengurangi stres. Ketika tingkat stres Anda dapat dikendalikan, Anda mungkin akan lebih mudah fokus dan membuat keputusan logis. Anda dapat menangani stres dengan berbagai cara, tetapi mengembangkan pikiran kreatif Anda sangat produktif dan dapat meningkatkan kehidupan pribadi dan profesional Anda.

Terkait: Pertanyaan Wawancara: “Bagaimana Anda Menangani Stres?”

2. Berlatih bertanya.

Salah satu cara terbaik untuk memperkuat keterampilan berpikir logis Anda adalah dengan mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang biasanya Anda terima sebagai fakta. Mengajukan pertanyaan secara teratur membantu Anda melihat situasi secara lebih lengkap, memungkinkan Anda untuk mendekati masalah di tempat kerja dengan lebih logis dan kreatif.

Mengajukan pertanyaan juga sering kali dapat menghasilkan penemuan tentang topik yang belum Anda pertimbangkan sebelumnya, yang dapat mendorong Anda untuk menjelajah lebih jauh. Anda bisa menggunakan metode ini di mana saja, terutama di tempat kerja. Pertimbangkan departemen di tempat kerja Anda yang tidak Anda kenal dan buat daftar pertanyaan yang akan membantu Anda memahami tujuannya. Misalnya, jika Anda bekerja di bagian penjualan dan ingin tahu lebih banyak tentang pengoptimalan mesin telusur, pertimbangkan untuk meminta wawancara informasi singkat kepada seseorang di departemen tersebut untuk mempelajari lebih lanjut tentang proyek dan proses mereka saat ini. Ini dapat membantu Anda berpikir lebih kritis tentang peran Anda di tempat kerja yang berkaitan dengan tim itu.

3. Bersosialisasi dengan orang lain.

Membangun hubungan dengan orang lain dapat memperluas perspektif Anda, memberi Anda lebih banyak kesempatan untuk mengembangkan keterampilan berpikir logis Anda. Ketika Anda mengenal seseorang dengan lebih baik dan mempelajari sudut pandangnya, ini dapat membantu Anda mendekati masalah di tempat kerja dengan cara yang baru dan berbeda.

Ada banyak cara untuk menginvestasikan waktu dalam membangun hubungan, mulai dari berpartisipasi dalam aktivitas yang Anda berdua sukai hingga sekadar makan siang atau bertemu sambil minum kopi bersama secara teratur. Semakin logis Anda bisa menangani masalah di tempat kerja, semakin mudah Anda bisa maju dalam karier Anda.

4. Pelajari keterampilan baru.

Mempelajari keterampilan baru juga dapat membantu Anda mempertajam keterampilan logika Anda. Ketika Anda mengambil kesempatan untuk belajar sesering mungkin, Anda dapat menerapkan tingkat pemikiran yang sama pada pekerjaan Anda.

Misalnya, Anda mungkin memutuskan untuk mulai mempelajari bahasa pengkodean baru, sebuah proses yang membutuhkan pemikiran dan perencanaan yang cermat. Berlatih tidak hanya setiap hari akan membantu menempatkan Anda pada pola pikir mendekati masalah di tempat kerja, tetapi juga akan mengembangkan keterampilan baru yang akan membantu Anda memajukan karier.

5. Cobalah untuk mengantisipasi hasil dari keputusan Anda.

Saat bekerja untuk memperkuat keterampilan berpikir logis Anda, ada baiknya untuk mempertimbangkan apa dampak keputusan Anda di masa depan. Semakin Anda memperhatikan hasil keputusan Anda, semakin mudah prosesnya.

Ketika Anda menemukan solusi untuk suatu masalah di tempat kerja, cobalah untuk memikirkan tentang apa hasilnya. Pada akhirnya, Anda akan lebih mudah memikirkan hasil langsung dan jangka panjang dari keputusan Anda, yang merupakan aspek penting dari pemikiran logis.

Keterampilan logika dapat dengan mudah diperkuat dengan latihan sehari-hari. Saat Anda menerapkan latihan ini secara teratur, Anda akan mulai mendekati keputusan sehari-hari secara alami di tempat kerja dengan perspektif yang lebih logis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.