Lompat ke konten
Home » Teknik Informatika » Apa itu Berpikir Logis dalam Teknik Informatika

Apa itu Berpikir Logis dalam Teknik Informatika

  • oleh

Berpikir logis adalah proses di mana seseorang menggunakan penalaran secara konsisten untuk sampai pada suatu kesimpulan. Masalah atau situasi yang melibatkan pemikiran logis membutuhkan struktur, untuk hubungan antara fakta, dan rantai penalaran yang “masuk akal.”

Dalam bukunya Brain Building, Dr. Karl Albrecht mengatakan bahwa dasar dari semua pemikiran logis adalah pemikiran yang berurutan. Proses ini melibatkan pengambilan ide, fakta, dan kesimpulan penting yang terlibat dalam suatu masalah dan mengaturnya dalam rangkaian seperti rantai yang mengambil makna di dalam dan dari dirinya sendiri. Berpikir logis berarti berpikir dalam langkah-langkah.

Telah terbukti bahwa pelatihan khusus dalam proses berpikir logis dapat membuat orang menjadi “lebih pintar”. Pemikiran logis memungkinkan seorang anak untuk menolak jawaban cepat, seperti “Saya tidak tahu”, atau “ini terlalu sulit”, dengan memberdayakan mereka untuk mempelajari lebih dalam proses berpikir mereka dan memahami lebih baik metode yang digunakan untuk sampai pada solusi dan bahkan solusinya sendiri.

Berpikir logis juga merupakan keterampilan dasar matematika yang penting. “Mempelajari matematika adalah proses yang sangat berurutan,” kata Dr. Albrecht. “Jika Anda tidak memahami konsep, fakta, atau prosedur tertentu, Anda tidak akan pernah bisa berharap untuk memahami konsep, fakta, atau prosedur tertentu, yang bergantung padanya. Misalnya, untuk memahami pecahan Anda harus terlebih dahulu memahami pembagian. Untuk memahami persamaan sederhana dalam aljabar mengharuskan Anda memahami pecahan. Memecahkan ‘soal kata’ bergantung pada mengetahui cara menyusun dan memanipulasi persamaan, dan seterusnya. “

“Berpikir logis bukanlah proses magis atau masalah warisan genetik, tetapi proses mental yang dipelajari, katanya.”

Sebagai Contoh :

Anda memiliki empat blok di depan Anda, yang hitam, yang merah, yang putih dan yang hijau. Anda harus menghapus dua di antaranya. Anda tidak boleh menghilangkan blok merah, hitam dan putih secara bersamaan. Anda tidak boleh menghilangkan warna putih, hijau, dan merah secara bersamaan. Dua blok mana yang bisa dihilangkan? Untuk menjawab teka-teki ini, Anda perlu berpikir secara logis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.