Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Apa itu Balance of Payment ?

Apa itu Balance of Payment ?

  • oleh

Balance of Payment adalah pernyataan yang mencatat semua transaksi moneter yang dilakukan antara penduduk suatu negara dan seluruh dunia selama periode tertentu. Pernyataan ini mencakup semua transaksi yang dilakukan oleh/kepada individu, perusahaan dan pemerintah dan membantu dalam memantau aliran dana untuk mengembangkan ekonomi.

Ketika semua elemen dimasukkan dengan benar dalam Balance Payment , itu harus berjumlah nol dalam skenario yang sempurna. Ini berarti aliran dana masuk dan keluar harus seimbang. Namun, ini tidak idealnya terjadi dalam banyak kasus.

Pernyataan Balance Payment suatu negara menunjukkan apakah negara tersebut memiliki surplus atau defisit dana yaitu ketika ekspor suatu negara lebih dari impornya, BOP-nya dikatakan surplus. Di sisi lain, defisit BOP menunjukkan bahwa impor suatu negara lebih besar daripada ekspornya.

Pelacakan transaksi di bawah Balance Payment merupakan sesuatu yang mirip dengan sistem akuntansi entri ganda. Ini berarti, semua transaksi akan memiliki entri debit dan entri kredit yang sesuai.

Neraca Pembayaran Balance Payment

Mengapa Neraca Pembayaran Balance Payment penting bagi suatu negara?

Balance Payment suatu negara sangat penting karena alasan berikut:

  • Balance Payment suatu negara mengungkapkan status keuangan dan ekonominya.
  • Pernyataan Balance Payment dapat digunakan sebagai indikator untuk menentukan apakah nilai mata uang negara tersebut terapresiasi atau terdepresiasi.
  • Pernyataan Balance Payment membantu Pemerintah untuk memutuskan kebijakan fiskal dan perdagangan.
  • Ini memberikan informasi penting untuk menganalisis dan memahami transaksi ekonomi suatu negara dengan negara lain.

Dengan mempelajari pernyataan BOP dan komponennya dengan cermat, seseorang akan dapat mengidentifikasi tren yang mungkin bermanfaat atau berbahaya bagi perekonomian daerah dan dengan demikian, kemudian mengambil tindakan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.