Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Apa itu Akuntansi Audit?

Apa itu Akuntansi Audit?

  • oleh

Akuntansi audit memainkan peran kunci dalam memastikan akun perusahaan akurat dan keuangan didistribusikan dengan cara yang paling adil atau paling efisien. Ketika perusahaan dan organisasi sektor publik menghadapi peningkatan pengawasan atas keuangan mereka, akuntan audit dipercayakan dengan tanggung jawab untuk meninjau catatan keuangan untuk memastikan mereka akurat dan sesuai.

Akuntansi audit dapat menjadi proses internal dengan fokus pada mitigasi risiko dan mengidentifikasi area di mana penghematan biaya dapat dilakukan. Atau, akuntan audit dapat menjadi spesialis independen yang melakukan audit eksternal pada akun perusahaan.

Beda Akuntansi Audit dan Akuntansi Keuangan

Akuntansi audit berbeda dari rute keuangan lainnya karena sifat akuntabilitas keuangan berarti Anda harus bekerja dengan tenggat waktu yang ketat, dengan perhatian yang tajam terhadap detail dan kemauan untuk menantang status quo.

Sementara seorang akuntan akan memberikan nasihat dan dukungan tentang pengembalian pajak, pembukuan, dan arus kas, seorang akuntan audit menggali lebih dalam catatan-catatan yang melihat secara retrospektif pada rekening-rekening suatu organisasi.

Akuntansi audit juga berbeda dari peran seperti manajemen aset dan perbankan investasi, karena berfokus pada tujuan seputar tata kelola dan kepatuhan daripada menumbuhkan keuangan perusahaan. Ini semua tentang memastikan angka-angka bertambah melalui analisis dan administrasi yang cermat untuk menandai Is dan melewati Ts. Tidak ada kebutuhan bisnis yang terlewat ketika melindungi kesehatan keuangan suatu organisasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.