Lompat ke konten
Home » Teknik Sipil » Analisis Tegangan Bidang

Analisis Tegangan Bidang

  • oleh
  • November 28, 2020November 28, 2020

Dalam topik ini akan dikembangkan persamaan-persamaan   transformasi   tegangan   dan   regangan   dengan   merubah orientasi sumbu-sumbu yang bertujuan untuk mendapatkan tegangan atau regangan ekstrim (maksimum dan minimum). Nilai ekstrim ini mempunyai pengaruh yang sangat penting pada perilaku bahan. Tegangan atau regangan ekstrim dapat digunakan untuk mengetahui apakah struktur masih mampu menahan beban luar atau beban telah melampaui kekuatan bahannya.

Dalam perancangan, ukuran-ukuran batang hams dipilih sedemikian rupa sehingga tegangan-tegangan normal dan geser yang terjadi tidak melampaui tegangan.

Pada Gambar Dibawa ini diperlihatkan sebuah elemen dari suatu batang atau bagian struktur beserta tegangan-tegangan yang terjadi pada permukaannya, yang berupa tegangan normal dan geser. Tegangan-tegangan yang bekerja pada permukaan yang tidak dapat dilihat tidak diperlihatkan dalam gambar.

Gambar Elemen dengan tegangan-tegangan normal dan geser pada permukaannya

Analisis Tegangan Bidang (Plain Stress)

Tegangan bidang (plain stress), dimana komponen-komponen tegangan hanya bekerja pada satu bidang saja. Sebagai contoh tegangan-tegangan hanya bekerja pada bidang xy saja, seperti diperlihatkan pada Gambar dibawah Dalam kondisi ini:

Analisis tegangan bidang dapat diterapkan jika struktur tipis dan beban hanya bekerja dengan arab dan berada dalam bidang tersebut.

Gambar Struktur bidang dan komponen tegangan bidang xy

Referesensi : Universitas Gadjah Mada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.