Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Aktiva Tetap

Aktiva Tetap

  • oleh

Aktiva tetap adalah aktiva berwujud yang diperoleh dalam keadaan siap pakai atau dengan dibangun lebih dahulu, yang digunakan dalam operasi perusahaan, tidak dijual dalam rangka kegiatan normal perusahaan dan mempunyai masa manfaat lebih dari satu tahun. Misalnya gedung yang digunakan sebagai tempat melaksanakan kegiatan perusahaan (pabrik, kantor dan sebagainya), mesin-mesin yang digunakan untuk  berproduksi  atau  melaksanakan  kegiatan  perusahaan  tertentu  dan  aktiva lainnya yang sejenis.

Ciri-ciri aktiva tetap berwujud :

1.Berwujud fisik artinya aktiva-aktiva tersebut dapat dilihat dan dapat dipegang atau diraba, karena bentuk fisiknya ada.

2.Dibeli untuk dipakai bukan untuk dijual kembali. Artinya aktiva tetap yang dibeli oleh perusahaan dimaksudkan untuk kegiatan operasi perusahaan dan bukan untuk diperjual belikan.

3.Mempunyai masa manfaat atau umur ekonomis lebih dari satu tahun. Artinya aktiva-aktiva itu dapat digunakan untuk jangka waktu yang panjang.

Yang termasuk dalam aktiva tetap antara lain :

1.Tanah (land)

2.Land improvement (pengembangan tanah), misalnya biaya yang dikeluarkan untuk membuat jalan pejalan kaki disekeliling gedung, membuat pelataran parkir.

3.Bangunan (Building)

4.Mesin-mesin (Machinery)

5.Peralatan (Equipment)

Aktiva tetap selalu dicatat sebesar nilai perolehnya (cost) yaitu semua biaya-biaya yang dikeluarkan sampai aktiva itu siap pakai dan dapat  dipergunakan. Jurnal nilai perolehan tanah :

LandRp xx
CashRp. xx
 Mis. Dibeli sebidang tanah secara tunai dengan harga Rp. 50.0000.000, biaya balik
 nama Rp. 1.000.0000,  maka jurnalnya :
LandRp 51.000.000
CashRp. 51.000.000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.