Lompat ke konten
Kategori Home » Ekonomi » Apa itu Ekonomi Pembangunan ?

Apa itu Ekonomi Pembangunan ?

  • oleh

Ekonomi pembangunan adalah penciptaan kekayaan dari mana manfaat masyarakat diwujudkan. Ini lebih dari sekadar program pekerjaan, ini adalah investasi dalam menumbuhkan ekonomi Anda dan meningkatkan kemakmuran dan kualitas hidup semua penduduk.

Ekonomi pembangunan memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda. Dalam skala luas, apa pun yang dilakukan masyarakat untuk mendorong dan menciptakan ekonomi yang sehat dapat berada di bawah naungan ekonomi pembangunan.

Profesional ekonomi pembangunan saat ini berusaha lebih keras dari sebelumnya untuk mendefinisikan bidang mereka dalam istilah yang lebih konkret dan menonjol bagi pembuat kebijakan, publik, dan profesional lainnya.

Mungkin ada banyak definisi untuk ekonomi pembangunan karena ada orang yang mempraktekkannya. Di bawah ini adalah definisi CALED sebagaimana dimuat dalam Economic Development Handbook: Dari perspektif publik, ekonomi pembangunan lokal melibatkan alokasi sumber daya yang terbatas – tanah, tenaga kerja, modal dan kewirausahaan dengan cara yang memiliki efek positif pada tingkat kegiatan usaha, lapangan kerja, pola distribusi pendapatan, dan solvabilitas fiskal.

Ini adalah proses intervensi yang disengaja dalam pertumbuhan ekonomi normal dengan membuatnya lebih mudah atau lebih menarik. Saat ini, masyarakat di California memberikan perhatian pada apa yang dapat mereka lakukan untuk meningkatkan stabilitas fiskal dan ekonomi pembangunan yang lebih besar.

Ekonomi pembangunan adalah upaya bersama dari badan pemerintahan yang bertanggung jawab di kota atau kabupaten untuk mempengaruhi arah investasi sektor swasta menuju peluang yang dapat mengarah pada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dapat memberikan pendapatan yang cukup bagi tenaga kerja lokal, peluang bisnis yang menguntungkan bagi pengusaha dan pendapatan pajak untuk pemeliharaan infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan ini. Tidak ada alternatif selain investasi sektor swasta sebagai mesin pertumbuhan ekonomi, tetapi ada banyak inisiatif yang dapat Anda dukung untuk mendorong investasi di mana masyarakat merasa paling membutuhkannya.

Penting untuk diketahui bahwa ekonomi pembangunan bukanlah pembangunan masyarakat. Pengembangan masyarakat adalah proses untuk membuat masyarakat menjadi tempat yang lebih baik untuk hidup dan bekerja.

Ekonomi pembangunan adalah murni dan sederhana penciptaan kekayaan di mana manfaat masyarakat diciptakan.

Hanya ada tiga pendekatan yang digunakan untuk meningkatkan ekonomi pembangunan lokal.

  • Retensi dan Ekspansi Bisnis – meningkatkan bisnis yang sudah ada
  • Ekspansi Bisnis – menarik bisnis baru
  • Penciptaan Bisnis – mendorong pertumbuhan bisnis baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *