Harnanto dan Zulkifli (2003) menyatakan, biaya ini dikelompokkan ke dalam golongan, yaitu:
1. Biaya standar dan biaya dianggarkan.
- Biaya standar, merupakan biaya yangditentukan di muka (predetermine cost) yangmerupakan jumlah biaya yang seharusnyadikeluarkan untuk menghasilkan satu unit produk.
- Biaya yang dianggarkan, merupakan perkiraantotal pada tingkat produksi yang direncanakan.
2. Biaya terkendali dan biaya tidak terkendali
- Biaya terkendali (controllable cost), merupakan biaya yang dapat dipengaruhi secara signifikanoleh manajer tertentu.
- Biaya tidak terkendali (uncontrollable cost), merupakan biaya yang tidak secara langsung dikelola oleh otoritas manajer tertentu.
3. Biaya tetap commited dan discretionary
- Biaya tetap commited, merupakan biaya tetap yang timbul dan jumlah maupun pengeluarannya dipengaruhi oleh pihak ketiga dan tidak bisa dikendalikan oleh manajemen.
- Biaya tetap discretionary, merupakan biaya tetap yang jumlahnya dipengaruhi oleh keputusan manajemen.
4. Biaya variabel teknis dan biaya kebijakan
- Biaya variabel teknis (engineered variabel cost), adalah biaya variabel yang sudah diprogramkan atau distandarkan seperti biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja angsung.
- Biaya variabel kebijakan (discretionary variabel cost), adalah biaya variabel yang tingkat variabilitasnya dipengaruhi kebijakan manajemen.
5. Biaya relevan dan biaya tidak relevan
- Biaya relevan (relevan cost), dalam pembuatan keputusan merupakan biaya yang secara langsung dipengaruhi oleh pemilihan alternatif tindakan oleh manajemen.
- Biaya tidak relevan (irrelevant costs), merupakan biaya yang tidak dipengaruhi oleh keputusan manajemen.
6. Biaya terhindarkan dan biaya tidak terhindarkan
- Biaya terhindarkan (avoidable costs), adalahbiaya yang dapat dihindari dengan diambilnyasuatu alternative keputusan.
- Biaya tidak terhindarkan (unavoidable costs), adalah biaya yang tidak dapat dihindari pengeluarannya.
7. Biaya diferensial dan biaya marjinal
- Biaya deferensial (differensial cost), adalah tambahan total biaya akibat adanya tambahan penjualan sejumlah unit tertentu.
- Biaya marjinal (marjinal costs), adalah biaya dimana produksi harus sama dengan penghasilan marjinal jika ingin memaksimalkan laba.
8. Biaya kesempatan (opportunity costs), merupakan pendapatan atau penghematan biaya yang dikorbankan sebagai akibat dipilihnya alternatif tertentu.