Activity-Based Management (ABM) adalah pengelolan aktivitas untuk meningkatkan nilai (value) yang diterima oleh pelanggan dan untuk meningkatkan laba melalui peningkatan nilai (value) tersebut.
Dengan Activity-Based Management (ABM), suatu perusahaan dapat melakukan evaluasi biaya dan nilai (value) darn suatu aktivitas proses sehingga akan teridentifikasi peluang (akan terjadi perbaikan posisi kompetitif) dan meningkatnya efisiensi proses (process improvement).
Activity-Based Management (ABM) ini merupakan pendekatan manajemen yang berfokus untuk dapat :
1. Meningkatkan nilai yang diterima oleh pelanggan dari setiap aktivitas yang dilakukan.
2. Menentukan aktivitas perusahaan yang merupakan aktivitas value added dan aktivitas non-value added.
3. Meningkatkan value added activity dan mengurangi bahkan menghilangkan non-value added activity.
Activity-Based Management (ABM) memiliki dua tujuan yaitu :
1. Memperbaiki nilai yang diterima oleh pelanggan.
2. Memperbaiki laba dengan memberikan nilai pelanggan.
Kedua tujuan ini dapat dicapai dengan menfokuskan pada aktivitas-aktivitas yang terdapat di perusahaan.