TEORI PERILAKU INDIVIDUAL
Teori perilaku individual membicarakan bagaiaman konsumen mengambil keputusan, yang bisa memaksimumkan kepuasannya, dengan mengingat kebatasan yang dipunyai (anggaran yang terbatas).
INDIFFERENCE CURVE
Bagan Indifference Curve
curve menggambarkan kombinasi dua barang (X dan Y) yang bisa menghasilkan tingkat kepuasan yang sama. Semakin ke atas, kepuasan akan semakin meningkat (tanda panah dalam bagan di atas).
PEMBATASAN (CONSTRAINT)
Bagan Pembatasan (Constraint)
Garis anggaran menjadi pembatas. Dalam bagan di atas, jika pendapatan konsumen sebesar tertentu, dia bisa mengalokasikan semuanya untuk barang Y, semuanya untuk barang X, atau kombinasi keduanya. Semakin besar pendapatan konsumen, garis anggaran akan semakin ke atas (garis panah).
KESEIMBANGAN KONSUMEN
Bagan Keseimbangan Konsumen
Keseimbangan akan terjadi jika indifference curve menyentuh garis anggaran. Kenapa demikian? Jika indifference curve yang dipilih adalah I, maka keputusan tersebut belum optimal, karena kepuasan masih bisa ditingkatkan. Pada saat II menyentuh garis anggaran, kepuasan sudah optimal. Indifference curve III berada di luar jangkauan konsumen. Jika konsumen ingin meningkatkan kepuasan ke III, maka is harus meningkatkan pendapatannya.