Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Teori Perilaku Individual

Teori Perilaku Individual

  • oleh

TEORI PERILAKU INDIVIDUAL

Teori perilaku individual membicarakan bagaiaman konsumen mengambil keputusan, yang bisa memaksimumkan kepuasannya, dengan mengingat kebatasan yang dipunyai (anggaran yang terbatas).

INDIFFERENCE CURVE

Bagan Indifference Curve

curve  menggambarkan  kombinasi  dua  barang (X  dan  Y)  yang  bisa menghasilkan tingkat kepuasan yang sama. Semakin ke atas, kepuasan akan semakin meningkat (tanda panah dalam bagan di atas).

PEMBATASAN (CONSTRAINT)

Bagan Pembatasan (Constraint)

Garis anggaran menjadi pembatas. Dalam bagan di atas, jika pendapatan konsumen sebesar tertentu, dia bisa mengalokasikan semuanya untuk barang Y, semuanya untuk barang  X,  atau  kombinasi  keduanya.  Semakin  besar  pendapatan  konsumen,  garis anggaran akan semakin ke atas (garis panah).

KESEIMBANGAN KONSUMEN

Bagan Keseimbangan Konsumen

Keseimbangan akan terjadi jika indifference curve menyentuh garis anggaran. Kenapa demikian? Jika indifference curve yang dipilih adalah I, maka keputusan tersebut belum optimal,  karena  kepuasan  masih  bisa  ditingkatkan.  Pada  saat  II  menyentuh  garis anggaran, kepuasan  sudah  optimal. Indifference  curve  III  berada di  luar  jangkauan konsumen.  Jika  konsumen  ingin  meningkatkan  kepuasan  ke  III,  maka  is  harus meningkatkan pendapatannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.