Lompat ke konten
Home » Pendidikan » Prinsip Belajar

Prinsip Belajar

  • oleh

Belajar didefinisikan sebagai proses alami yang diatur sendiri dalam membangun makna pribadi dari informasi dan pengalaman, yang disaring melalui persepsi, pikiran, dan perasaan unik setiap individu. Definisi pembelajaran ini harus memandu semua pendidik sesuai rencana mereka, dan memberikan instruksi kepada siswa.

Tujuan pembelajaran adalah untuk memahami, menerapkan, dan mentransfer pengetahuan dalam berbagai konteks. Prinsip belajar adalah hukum belajar. Mereka memberikan landasan berbasis penelitian dan konseptual tentang bagaimana orang belajar. Prinsip belajar menambah wawasan tentang apa yang membuat orang belajar paling efektif.

Prinsip-prinsip Belajar Diantaranya adalah :

Prinsip Belajar 1

Belajar adalah proses aktif di mana peserta didik menggunakan masukan sensorik untuk membangun makna.

Penting untuk melibatkan siswa baik dalam pengalaman pembelajaran langsung maupun langsung. Orang belajar paling baik ketika mereka dapat menerima informasi menggunakan berbagai input sensorik.

Prinsip Belajar 2

Peserta didik menghubungkan informasi baru dengan pengetahuan dan pengalaman sebelumnya dengan cara yang bermakna.

Prinsip Belajar 3

Pembelajaran membutuhkan penggunaan berbagai bentuk bahasa (misalnya, kata, simbol, angka, dan gambar) untuk menangkap dan mengembangkan pemikiran.

Prinsip Belajar 4

Pembelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor kontekstual, termasuk perbedaan latar belakang pengetahuan; pola berpikir; dan latar belakang budaya, bahasa, dan sosial.

Prinsip Belajar 5

Belajar dipengaruhi oleh keadaan emosi, interaksi sosial, hubungan interpersonal dan komunikasi dengan orang lain.

Prinsip Belajar 6

Motivasi peserta didik, baik ekstrinsik maupun intrinsik, adalah komponen kunci untuk memastikan keterlibatan dan pembelajaran.

Prinsip Belajar 7

Upaya terus-menerus peserta didik, tantangan yang sesuai dengan perkembangan, dan dukungan instruksional menghasilkan pembelajaran yang ketat.

Prinsip Belajar 8

Peserta didik membutuhkan banyak kesempatan dari waktu ke waktu untuk berlatih di lingkungan yang mendukung dan saling menghormati.

Prinsip Belajar 9

Peserta didik membutuhkan umpan balik yang teratur, spesifik, dan tepat waktu dengan kesempatan untuk menggunakan umpan balik untuk memaksimalkan pengalaman belajar.

Prinsip Belajar 10

Peserta didik merefleksikan, memantau, dan menyesuaikan pemikiran dan penalaran mereka untuk mencapai tujuan pembelajaran (metakognisi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.