Lompat ke konten
Home » Sosial Politik » Perbedaaan sosialisme dengan komunisme (Marx)

Perbedaaan sosialisme dengan komunisme (Marx)

  • oleh

Sosialisme merupakan sebuah masyarakat yang langsung timbul dari kapitalisme sebagai bentuk pertama dari masyarakat baru dan dalam kerjanya tidak menerima bantuan dari kapitalisme, termasuk hal yang bersifat sosial. Sedangkan komunisme adalah masyarakat yang lebih tinggi, di mana hanya dapat berkembang jika sosialisme mempunyai kedudukan yang kuat.

Apabila dalam masyarakat sosialis penghisapan manusia atas manusia lainnya sudah berakhir, alat-alat produksi dimiliki sepenuhnya oleh kaum buruh, serta setiap manusia memberi menurut kemampuaannya dan menerima sesuai dengan bobot pekerjaannya sebagi wujud usahanya untuk menwujudkan masyarakat tanpa kelas; tidak ada kelas yang menghisap dan dihisap. Sedangkan pada masyarakat komunis, setia manusia memberi menurut kemampuannya dan menerima sesuai dengan kebutuhannya

Anarkisme

Anarkisme : Anarkisme berasal dari bahasa Yunani, yaitu a yang berarti tidak, tidak ada atau tidak ingin, dan archaos bermakna kepala, pemerintah, pengatur, atau penanggung jawab. Dari sini kata-kata anarchaos atau anarchia berarti tidak menghendaki adanya pemerintahan atau tanpa pemerintahan. Dalam konotasi positif, anarkhisme merupakan ideologi sosial yang tidak menerima pemerintahan otoriter. Anarkisme berpendapat individu-individu akan mengorganisasikan diri sendiri untuk memenuhi kebutuhan dan cita-citanya. Bagi anarkisme tidak ada perbedaan bentuk kenegaraan apakah itu positif atau negative.

Semua bentuk Negara, baik itu monarki, republic, maupun sosialisme seperti yang dicipatakan negara-negara komunis karena pada hakekatnya semua negara mempunyai kekuasaan pemaksa seperti adanya undang-undang, polisi, mahkamah pengadilan, penjara, angkatan bersenjata, dan sebagainya. Menurut aliran ini semua bentuk negara buruk dan harus ditolak. Yang diharapkan anarkisme hanyalah penataan perekonomian dengan adil tanpa perlu adanya lembaga-lembaga.

Dalam perkembangannya, anarkisme yang pada awalnya merupakan teori dan gerakan politis itu melahirkan pandangan dan pendirian etis. Menurut anarkisme etis, nilai, norma dan criteria etis lainnya yang ditekankan oleh penguasa tidak diperlukan. Semua panduan etis tersebut harus dibuang karena hanyalah hasil rekaan penguasa untuk mengatur, menjinakkan, dan memanfaatkan masyarakat demi kepentigannya sendiri.

Sindikalisme

Sindikalisme adalah Aliran sindikalisme bahkan lebih radikal dari gerakan buruh sebelum perang Dunia I. Dalam aliran hasil perkawinan silang antara Marxisme dan anarkisme ini dipakai prinsip aksi langsung melalui pemboikotan, sabotase, pemberontakan, atau pemogokan umum. Sindikalisme hendak memasukkan perjuangan kelas langsung ke dalam bidang ekonomi.

Karena kesetiaannya pada akar-akarnya yang anarkistik tersebut maka sindikalisme disebut juga anarkosindikalisme: menolak negara dan perjuangan kaum sosialis di dalam parlemen melalui sebuah partai buruh. Meskipun tidak survive sebagai gerakan politik pada abad ini, namun ia cukup mempengaruhi suatu bentuk sosialism, dan sampai permulaan abad ini bahkan menjadi saingan kuat Marxisme dibeberapa Negara latin, terutama di Perancis dan Spanyol.

Selain keempat aliran diatas, bentuk atau istilah sosialisme masih cukup banyak. Kapan atau bagaimanapun wujud kelahirannya, namun dapat dipastikan kehadiran ideologi sosialisme pada umumnya bertolak dari rasa kekecewaan (a sense of disillusion), penindasan, atau frustasi terhadap ketidakefesienan, serta ketidakadilan dari sistem kapitalis. Semua aliran sosialisme yang sangat cukup banyak itu juga memiliki satu titik kesamaan, yaitu

(1) bermaksud mempraktikkan suatu teori cita-cita kemasyarakatan yang bertentangan dengan sistem masyarakat, dan

(2) Sistem yang memberi kebebasan seluas-luasnya kepada individu yang merdeka untuk bersaing dengan sebebas-bebasnya mulai dalam soal politik, bidang produksi, pembagian hasilnya, dan bebas pula untuk mempunyai hak milik atas alat-alat produksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.