Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Penggolongan Biaya Atas Dasar Jangka Waktu Manfaatnya

Penggolongan Biaya Atas Dasar Jangka Waktu Manfaatnya

  • oleh
  • Februari 8, 2021Februari 8, 2021

Atas dasar jangka waktu manfaatnya, biaya dapat dibagi menjadi dua : pengeluaran modal dan pengeluaran pendapatan.

Pengeluaran modal (Capital expenditure). Pengeluaran modal adalah biaya yang mempunyai manfaat lebih dari satu periode akuntansi (biasanya periode akuntansi adalah satu tahun kalender). Pengeluaran modal ini pada saat terjadinya dibebankan sebagai harga pokok aktiva, dan dibebankan dalam tahun-tahun yang menikmati manfaatnya   dengan   cara   didepresiasi,   diamortisasi   atau   dideplesi. 

Contoh pengeluaran modal adalah

Pengeluaran untuk pembelian aktiva tetap, untuk reparasi besar terhadap aktiva tetap, untuk promosi besar-besaran, dan pengeluaran untuk riset dan pengembangan suatu produk. Karena pengeluaran untuk keperluan tersebut biasanya melibatkan jumlah yang besar dan memiliki masa manfaat lebih dari satu tahun,  maka  pada  saat  pengeluaran  tersebut  dilakukan,  pengorbanan  tersebut diperlakukan sebagai pengeluaran modal  dan dicatat sebagai harga pokok aktiva (misalnya sebagai harga pokok aktiva tetap atau beban yang ditangguhkan). Periode akuntansi yang menikmati manfaat pengeluaran modal tersebut dibebani sebagian pengeluaran modal tersebut berupa biaya depresiasi, biaya amortisasi, atau biaya deplesi.

Pengeluaran pendapatan (revenue expenditure). Pengeluaran pendapatan adalah biaya   yang   hanya   mempunyai   manfaat   dalam   periode   akuntansi   terjadinya pengeluaran tersebut. Pada saat terjadinya, pengeluaran pendapatan ini dibebankan sebagai biaya dan dipertemukan dengan pendapatan yang diperoleh dari pengeluaran biaya tersebut. Contoh pengeluaran pendapatan antara lain adalah biaya iklan, biaya telex, dan biaya tenaga kerja (Mulyadi, 1993).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.