Lompat ke konten
Home » Teknik Sipil » Pengertian rencana pembuatan bangunan air

Pengertian rencana pembuatan bangunan air

  • oleh
  • November 28, 2020November 28, 2020

Dalam   kaitannya   dengan   rencana   pembuatan   bangunan   air,   besaran rancangan yang harus didapatkan malalui kegiatan analisis hidrologi secara umum dapat berupa debit banjir rancangan (design flood) atau debit andalan (dependable flow).

Banjir rancangan adalah besamya debit banjir yang ditetapkan sebagai dasar penentuan   kapasitas   dan   mendimensi   bangunan-bangunan   hidraulik (termasuk bangunan di sungai), sedemikian hingga kerusakan yang dapat ditimbulkan baik langsung maupun tidak langsung oleh banjir tidak boleh terjadi selama besaran banjir tidak terlampaui (Sri Harto, 1993). Banjir rancangan ini dapat berupa debit puncak, volume   banjir,   ataupun   hidrograf   banjir.

Debit   andalan   merupakan   informasi menyangkut jumlah ketersediaan air yang dapat dimanfaatkan dengan tingkat resiko tertentu   sesuai   dengan   tetapan   rancangan.   Seringkali   sebuah   bangunan   air memerlukan kedua besaran rancangan tersebut untuk keperluan desain bangunan maupun penetapan pola operasi penggunaan air yang optimal.

Pada diktat ini akan diuraikan hal-hal terkait dengan penentuan banjir rancangan. Untuk masalah debit andalan, uraian tentang analisis hidrologi yang lebih detil menyangkut simulasi proses pengalihrgaman hujan menjadi aliran yang umumnya menggunakan model hidrologi. Besarnya banjir rancangan dinyatakan dalam debit banjir sungai dengan kala ulang tertentu. Kala ulang debit adalah suatu kurun waktu berulang dimana debit yang terjadi  menyamai  atau  melampaui  besarnya  debit  banjir  yang  ditetapkan (banjir rancangan).

Sebagai contoh adalah apabila ditetapkan banjir rancangan dengan kala ulang T tahun, maka dapat diartikan bahwa probabilitas kejadian debit banjir yang sama atau melampaui dan debit banjir rancangan setiap tahunnya rata-rata adalah sebesar l/T. pernyataan tersebut dapat pula dikatakan bahwa periode ulang rata-rata kejadian debit banjir sama atau melampaui debit banjir rancangan adalah sekali setiap T tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.