Lompat ke konten
Home » Ilmu Psikologi » Pengertian dan Komponen Sikap Dalam Ilmu Psikologi

Pengertian dan Komponen Sikap Dalam Ilmu Psikologi

  • oleh
  • September 25, 2020September 25, 2020

Sikap  adalah  keadaan  mental  dan  taraf  dari kesiapan, yang diatur melalui pengalaman yang memberikan   pengaruh   dinamik   atau   terarah terhadap respons individu pada semua objek dan situasi yang berkaitan dengannya (G.W. Allport, 1935, hal 10)

Beberapa definisi sikap para ahli

  1. Definisi Sikap Menurut L. I Thurstone (1946)

Sikap  sebagai  tingkatan  kecenderungan  yang bersifat positif atau negatif yang berhubungan dengan   objek   psikologi (simbol,   kata-kata, slogan, orang, lembaga, ide, dan sebagainya)

2. Definisi Sikap Menurut Zimbardo dan Ebessen

Sikap adalah suatu predisposisi (keadaan mudah terpengaruh) terhadap seseorang, ide/objek yang berisi komponen-komponen kognitif, afektif, dan behavior

3. D . Krech dan RS. Crutchfield

Sikap adalah organisasi yang tetap dari proses persepsi, emosi, dan motivasi atau pengamatan atas suatu aspek dari kehidupan individu.

4. John H. Harvey dan William P. Smith

Kesiapan   merespon   secara   konsisten   dalam bentuk positif atau negatif terhadap objek atau situasi

5. Gerungan

Sikap   terhadap   objek   tertentu,   yang   dapat merupakan   sikap,   pandangan,   atau   sikap perasaan,   tetapi   sikap   mana   disertai   oleh kecenderungan untuk bertindak sesuai dengan sikap terhadap objek tadi itu. Jadi, attitudeitu adalah   sikap   dan   kesediaaan   berinteraksi terhadap suatu hal.

Komponen sikap

  • Komponen Sikap Kognitif adalah Berupa Pengetahuan,kepercayaan/pikiran   yang   didasarkan   pada informasi   yang   berhubungan   dengan   objek.

Contoh : orang tahu bahwa uang itu bernilai, karena    mereka    melihat    harganya    dalam kehidupan sehari-hari. Sikap kita tentang uang itu mengandung pengertian bahwa kita tahu tentang nilai uang.

  • Komponen Sikap Afektif adalah menunjuk pada dimensi emosional dari  sikap,  yaitu  emosi  yang  berhubungan  dengan objek. Objek    disini  dirasakan    sebagai menyenangkan    atau    tidak    menyenangkan.

Contoh : jika orang mengatakan bahwa mereka senang uang, ini melukiskan perasaan mereka terhadap uang.

  • Komponen Behavior/konatif adalah melibatkan    salah    satu untuk   bertindak   terhadap   objek.

Contoh :  karena  uang  adalah  sesuatu  yang bernilai,   orang   menyukainya   dan   mereka berusaha (bertindak)  untuk  mendapatkan  gaji yang besar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.