Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Pendidikan dan Keterampilan Akuntansi yang Sangat Dibutuhkan

Pendidikan dan Keterampilan Akuntansi yang Sangat Dibutuhkan

  • oleh

Peran yang dimainkan oleh akuntan profesional dalam memastikan stabilitas keuangan organisasi tidak dapat terlalu ditekankan. Akuntan membuat dan memelihara berbagai sistem untuk mencatat dan melaporkan keuangan, serta menjelaskan dan memverifikasi fakta dan angka akuntansi mereka. Manfaat akuntansi untuk kesehatan keuangan perusahaan atau organisasi berasal dari kemampuan akuntan untuk membuat snapshot numerik dari posisi entitas saat ini dan memprediksi dengan wawasan profesional apa yang akan datang secara finansial dalam jangka pendek dan panjang.

Informasi yang dikumpulkan dan dianalisis oleh akuntan memberikan informasi yang sangat diperlukan tentang status keuangan perusahaan, membantu mengidentifikasi kekuatan, mengatasi kelemahan, dan memberikan informasi yang membantu menentukan keberhasilan atau kegagalan organisasi.

Bagi mereka yang berpikir menghitung angka, memprediksi hasil keuangan, dan membuat rencana bisnis terdengar seperti karir yang bermanfaat dan menarik, ada beberapa posisi yang berhubungan dengan akuntansi untuk dijelajahi. Ini termasuk akuntan publik bersertifikat (CPA), auditor, dan manajer akuntansi. Masing-masing karir ini memiliki pekerjaan, pendidikan, dan persyaratan lisensi yang unik — yang semuanya dapat diperoleh selama mengejar gelar sarjana yang lebih tinggi.

1. Akuntan Publik Bersertifikat

Memperoleh sertifikasi CPA adalah suatu tanda pembeda, artinya akuntan publik bersertifikat dipandang memiliki tingkat pengetahuan dan kompetensi tertinggi di bidang akuntansi. CPA profesional dilisensikan oleh dewan akuntansi negara bagian. Namun, sebelum melisensikan, kandidat harus memenuhi standar pendidikan, lulus Ujian Uniform CPA yang ketat, menyelesaikan sejumlah pengalaman akuntansi umum, dan memenuhi semua persyaratan lisensi yang diamanatkan negara.

Dalam sebuah penelitian yang sebagian dilakukan oleh American Institute of CPA, 450 profesional keuangan dan akuntansi ditanyai apa yang mereka yakini sebagai tujuh keterampilan utama yang harus dikembangkan oleh CPA. Jawaban mereka antara lain:

  • Kekuatan manajemen dan kepemimpinan
  • Kompetensi berbicara di depan umum
  • Pengetahuan pajak terkini
  • Keahlian bisnis
  • Kemampuan sistem
  • Penguasaan komunikasi
  • Pelatihan audit tambahan

2. Auditor

Seorang auditor terutama bertanggung jawab untuk memeriksa dan menyiapkan catatan keuangan organisasi. Ini termasuk memastikan bahwa semua pajak, pembayaran, dan gaji karyawan yang relevan telah dibayar. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS), auditor hanya diharuskan untuk mendapatkan gelar sarjana, tetapi banyak profesional memilih untuk mendapatkan sertifikasi tertentu. Ini termasuk menjadi Auditor Internal Bersertifikat melalui lisensi dari Institute of Internal Auditors. Sertifikasi semacam itu berfungsi untuk meningkatkan kredibilitas seorang akuntan, merupakan tanda pengetahuan profesional tingkat lanjut, dan menunjukkan komitmen tingkat yang lebih tinggi terhadap industri secara keseluruhan.

3. Manajer Akuntansi

Ada jalur karir yang berbeda yang dapat mengarah untuk menjadi manajer akuntansi, tetapi semuanya membutuhkan tingkat pendidikan yang tinggi. Gelar sarjana di bidang keuangan atau akuntansi diperlukan, dan gelar master diperlukan untuk banyak posisi manajemen.

Manajer akuntansi umumnya bertanggung jawab atas tim akuntan dan melapor kepada kepala keuangan atau pengontrol perusahaan. Tugas khas seorang manajer akuntansi meliputi:

  • Mempersiapkan dan meninjau buku besar dan rekonsiliasi
  • Memelihara buku besar
  • Menyiapkan laporan keuangan
  • Membantu pelaporan peraturan
  • Meneliti masalah akuntansi
  • Mengawasi proses penganggaran
  • Mempekerjakan, melatih, dan mengawasi staf akuntansi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.