Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Panduan Manajer Untuk Memahami Peranan Pemerintah di Dalam Pasar

Panduan Manajer Untuk Memahami Peranan Pemerintah di Dalam Pasar

  • oleh
  • Oktober 12, 2020Oktober 15, 2020

Market Failure

Alasan utama untuk koreksi pada pemerintah di dalam pasar adalah pasar bebas bahwa menghasilkan efisiensi harga belum tentu menghasilkan efisiensi dalam kuantitas.

Market Power

Ketika penjualan output pada suatu harga yang melebihi marginal cost dalam produksi.

Kebijakan Anti Monopoli

Kebijakan pemerintah yang dibuat untuk mencegah suatu perusahaan memonopoli pasarnya.

Peraturan Harga

Pemerintah mungkin membolehkan sebuah perusahaan untuk memainkan sebuah monopoli tapi memilih untuk mengatur harga untuk mengurangi kehilangan beban harga.

Biaya Eksternal

Beberapa proses produksi menghasilkan biaya untuk orang yang bukan bagian dari porses  produksi  atau  konsumsi  dari  barang.  biaya  eksternal  ini  disebut  negative externalities.

Aksi Udara Bersih

Untuk memecahkan permasalahan eksternal yang ada dalam pulusi udara, kongres mengesahkan “Clean Air Act” pada tahun 1970 dan sebuah amandemen pendukung pada tahun 1990. Amandemen mencakup 189 racun polusi udara dan sebagai aksi anti polusi paling komprehensif terhadap banyak negara sejak tahun 1992.

Barang Publik

Barang yang bebas dan tidak merugikan orang lain bila dikonsumsi.

Nonrival Consumtion

Bila mengkonsumsi suatu barang oleh seseorang tidak menghalangi orang lain yang juga mengkonsumsi barang tersebut.

Nonexclusionary Consumtion

Barang atau jasa Bila seseorang menyediakan, tak seorangpun dapat dicegah untuk mengkonsumsi produk tersebut.

Informasi yang Tidak Lengkap

Ketika pelaku pasar tidak memiliki informasi yang lengkap tentang banyak hal, hasilnya akan tidak efisien dalam penggunaan input dan dalam output perusahaan. Agar pasar  berfungsi  secara  efisien,  palaku  pasar  harus  memiliki  informasi  yang  bagus mengenai  hal-hal  seperti  harga,  kualitas,  ketersediaan  technologi,  dan  risiko  yang terkandung dalam bekerja dalam suatu pekerjaan atau konsumsi suatu produk.

Aturan Melawan Perdagangan Orang Dalam

Salah satu contoh yang di disain untuk mengurangi kesalahan pasar terhadap informasi yang tak simetris adalah hukum melawan perdagangan yang dilakukan oleh orang dalam didalam pasar surat berharga.

Sertifikasi

Aturan lain dari pemerintah untuk menyebarluaskan informasi dan mengurangi asimetri informasi adalah sertifikasi terhadap keahlian dan/ atau keautentikan. Maksuk dari sertifikasi  adalah  untuk  mensentralisasi  biaya  pengumpulan  informasi.  Semua  ijin dikeluarkan  oleh  pemerintah,  termasuk  untuk  organisasi  nonprofit,  seperti  charities. Sertifikasi juga sebagai rangkuman standard minimum, seperti pada sekolah-sekolah dan para praktisi.

Kepercayaan dalam Meminjam

Suatu paket peraturan selama bertahun-tahun yang telah mengumpulkan informasi untuk mengurangi kesulitan pengajuan pinjaman. Kesalah pahaman disebabkan oleh the Truth in Lending Act (1996) pemimpin kongres untuk mengesahkan “Truth in Lending Simplification Act (TLSA) pada tahun 1980. TLSA didukung oleh Federal Reserve Board (FRB). Pada 1980, FRB mengesahkan “Peraturan Z” untuk menyediakan jalur petunjuk; ini mengamandemen Regulasi Z di tahun 1082.

Kepercayaan dalam Periklanan

Informasi yang asimetris dapat menyebabkan konsumen mengabaikan pesan pada iklan secara keseluruhan, menghasilkan ketakutan bahwa pesan yang disampaikan salah.

Pemerintah sering dapat mengurangi kesalahan pasar tersebut dengan peraturan praktek perikanan dari perusahaan.

Memberdayakan Kontrak

Salah satu cara pemerinth memecahkan permasalahan asimetri informasi melalui Contract Enforcement. Kontrak dibuat untuk mencegah pihak-pihak melakukan mencari keuntungan di akhir periode sebuah kesepakatan.

Rent Seeking

Memotivasi sendiri mencoba untuk mempengaruhi keputusan pihak lain.

Kebijakan Pemerintah dan Pasar Internasional

Kuota

Untuk membatasi jumlah unit suatu produk yang dapat dibawa oleh kompetitor asing ke dalam suatu negara.

Tarif

Seperti kuota, di desain untuk membagasi pesaing asing dalam pasar domestik untuk keuntungan prudusen domestik.

Lum-sum tarif

adalah sebuah biaya tetap yang perusahaan asing harus bayar pada pemerintah domestik untuk dapat menjual produk di pasar domestik.

Per-unit (exise) tarif

Biaya yang harus dibayarkan oleh perusahaan importir pada pemerintah domestik dari tiap masing-masing unit produk yang dibawa ke suatu negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.