Lompat ke konten
Kategori Home » Ilmu Psikologi » Motif sosial menurut McClelland

Motif sosial menurut McClelland

  • oleh

Menurut McClelland manusia berinteraksi dengan dunia sosialnya dalam tiga bentuk motif yaitu:

1) Motif berprestasi dimana ciri-ciri dari tipe orang dengan motif sosial seperti ini

adalah:

•   Mempunyai  keinginan  untuk  berprestasi  lebih  baik (beranggapan   bahwa berprestasi lebih baik adalah suatu hal yang penting).

•   Menentukan sendiri standard prestasinya dan berpatokan pada standard tersebut.

•   Berusaha melakukan sesuatu dengan cara yang baru dan kreatif.

•   Mengambil resiko-resiko yang wajar.

•   Berpikiran maju ke depan (inovatif).

2) Motif afiliasi, dimana ciri-ciri orang dengan tipe seperti ini adalah:

•   Senang berada di tengah keramaian dan sangat menikmati persahabatan.

•   Senang bergaul dengan orang lain, senang berbicara di telepon.

•   Lebih  mementingkan  aspek-aspek  interpersonal  dari  pekerjaannya  daripada aspek-aspek yang menyangkut tugas dalam pekerjaannya.

•   Berusaha mendapatkan persetujuan orang lain.

•   Melakukan tugas lebih baik saat bekerja dalam team.

•   Selalu memiliki keinginan untuk mengadakan, memperbaiki atau memilihara hubungan yang erat, hangat dan bersahabat dengan orang lain.

3) Motif berkuasa, orang dengan tipe seperti ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

•    Selalu ingin memiliki pengaruh terhadap orang lain.

•   Aktif dalam menjalankan kebijakan suatu organisasi yang diikuti.

•   Peka  terhadap  struktur  pengaruh  interpersonal  dari  suatu  kelompok  atau organisasi.

•   Selalu risau dengan reputasi, prestasi atau kedudukan orang lain.

•   Selalu berusaha membuat orang lain terkesan.

referensi :

Sarwono, Sarlito. 2002. Psikologi Sosial Individu dan Teori-teori Psikologi Sosial. Jakarta: Balai
Pustaka
Ahmadi, Abu. 2002. Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *