Lompat ke konten
Home » Ilmu Psikologi » Model- Model Memory

Model- Model Memory

  • oleh
  • Maret 13, 2021Maret 13, 2021

1. Model Atkinson dan Shiffirin

Model Atkinson dan Shiffirin menyatakan bahwa memori terdiri dari 3 penyimpanan, yaitu sensori memori, short term memory, dan long term memory.

2. Model Level of Processing

Pendekatan ini menyebutkan bahwa informasi yang bermakna dalam akan berada dalam memori lebih permanent dibandingkan dengan proses sensori yang lebih dangkal.

3. Model Tulving

Dalam model ini disebutkan bahwa terdiri atas 3 jenis memori, yaitu :

a. Episodic memory yang menyimpan informasi tentang waktu kejadian-kejadian yang saling berhubungan. Kemudian informasi tersebut akan menjadi suatu pengalaman bagi diri kita. Contohnya : saya mempunyai janji dengan doketr gigi besok jam 3.30.

b. Semantik memory adalah organisasi pengetahuan tentang dunia atau pengetahuan umum. Semantik memori berperan di dalam struktur ilmu pengetahuan untuk memebdakan suatu kejadian dalam episode memori. Contohnya : Saya tahu seperti apa bentuk ikan duyung perancis itu.

c. Prosedural Memory meliputi pengetahuan bagaimana berbuat suatu hubungan pembelajaran antara stimulus dan respon. Contohnya : Saya tahu bagaimana mengendarai sepeda.

4. Pendekatan Proses Distribusi Paralel

Pendekatan proses distribusi parallel menjelaskan tentang organisasi memori, aykni suatu proses pendekatan distribusi parallel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.