Lompat ke konten
Home » Ilmu Psikologi » Kesadaran

Kesadaran

  • oleh
  • Maret 13, 2021Maret 13, 2021

Kesadaran (consciousness) berarti kesiagaan (awareness). Kesadaran berhubungan dekat dengan atensi, tetapi prosesnya tidak sama. Kita tidak sadar akan tugas yang kita perlihatkan dengan automatic processing atau attentive processing. Contohnya, ketika kita berkendara, kita dapat menggunakan automatic processing untuk meletakkan kaki pada rem sebagai respon dari lampu merah. Tetapi, kamu tidak sadar penuh melakukan gerakan ini.

Dua isu yang berhubungan dengan kesadaran, topik pertama memperhatikan kemampuan kita untuk berfikir secara sadar, yang kedua memperhatikan ketidakmampuan kita untuk menghindari kesadaran.

a. Kesadaran tetang Proses Mental Lebih Tinggi

Nisbet dan Wilson (1977) setuju bahwa kita sering memiliki sedikit akses langsung pada pikiran kita. Kita akan secara penuh sadar pada produk dari proses pemikiran kita, tetapi kita biasanya tidak sadar dari proses yang menghasilkan produk.

Kita memiliki akses terbatas pada beberapa proses pikiran, tetapi secara relatif melengkapi akses pada lain proses pikiran.

b. Pikiran yang Ditekan

Wegner dan temannya (1987) mengemukakan proses pikiran yang ditekan termasuk dua komponen, pertama merencanakan untuk mengeliminasi pikiran dari kesadaran dan yang kedua, membawa rencana dengan menekan semua bukti dari pikiran termasuk rencana original.

Wegner menyebutkan bahwa jika kamu mencoba untuk menekan pikiran, kamu gunakan dalam pencarian control untuk berpikir yang tidak dicari. Contohnya, jika kamu diet, secara sadar, kamu mencari item yang lain daripada makanan untuk dipikirkan misalkan berpikir tentang teman, film, atau tugas.

Bagaimana proses mental tinggi kita sering gagal untuk membawa informasi dalam kesadaran. Bagian dari penekanan pikiran memberi masukkan bahwa kita mengalami kesulitan menghilangkan beberapa pikiran dari kesadaran, lebih jauh lagi, godaan untuk menghilangkannya dapat menyebabkan pikiran ini kembali lebih kuat daripada sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.