Lompat ke konten
Kategori Home » Keperawatan » Keperawatan Dawat Darurat

Keperawatan Dawat Darurat

  • oleh

Pelayanan profesional yg didasarkan pada ilmu kqperawatan gawat darurat & tehnik keperawatan gawat darurat berbentuk pelayanan bio-psiko-sosio- spiritual yang komprehensif ditujukan pada semua kelompok usia yang sedang mengalami masalah kesehatan yang bersifat urgen, akut dan kritis akibat trauma, proses kehidupan ataupun bencana.

Dari definisi diatas dapat disimpulkan pelayanan keperawatan gawat darurat terdiri dari dua area besar yaitu keperawatan emergensi dan keperawatan kiritis

EMERGENCY NURSING (KEPERAWATAN KRISIS)

Adalah Sebuah area khusus / spesial dari keperawatan profesional yg melibatkan integrasi dari Praktek, Penelitian, Pendidikan profesional. Jadi Praktek keperawatan emergensi oleg seorang perawat profesional

Fokus

Fokus keperawatan emergensi adalah memberikan pelayanan secara episodik kpd pasien pasien yg mencari terapi baik yg mengancam kehidupan, non kritical illness atau cedera.Jadi pemberian pelayanan pada keperawatan gawat darurat meliputi semua kasus yang datang atau meminta pertolongan yang dapat berupa kasus gawat darurat, gawat tidak darurat dan tidak gawat tidak darurat

Inti

Ditujukan pd esensi dr praktek emergency, lingkungan dimana hal tsb terjadi dan konsumen-konsumen keperawatan emergency.

Perawat Emergensi

Adalah seorang perawat professional terregistrasi / RN profesional yang memiliki komitmen untuk menyelamatkan dan melaksanakan praktek keperawatan scr efektif.

Perawatan Emergensi Meliputi Pengkajian, diagnosis & terapi keperawatan yang dapat diterima baik aktual, potensial, yang terjadi tiba-tiba atau urgen, masalah fisik atau psikososial dalam episodik primer atau akut yg mungkin memerlukan perawatan minimal atau tindakan support hidup, pendidikan untuk pasien atau orang terpenting lainnya, rujukan yg tepat dan pengetahuan ttg implikasi legal.

Lingkungan Emergensi

Merupakan Setting dimana pasien memerlukan intervensi oleh pemberi pelayanan keperawatan emergency.

Pasien Emergensi

Adalah Pasien dengan segala umur baik yang sudah diagnosa, tidak terdiagnosa atau maldiagnosis problem dng kompleksitas yg bervariasi.

Pasien-pasien emergrnsi memerlukan intervensi nyata dimana dpt terjadi perubahan status fisiologis atau psikologis scr cepat yg mungkin mengancam kehidupannya.

Dimensi

Keperawatan emergensi memiliki multidimensi meliputi : RESPONSIBILITIES, FUNCTION, ROLES, SKULLS ( dng pengetahuan khusus)

Karakteristik Unik Keperawatan Emergensi

Keperawatan emergensi memiliki karakteristik yang unik dimana tidak semua area keperawatan memilikinya. Karakteristik tersebut adalah:

1. Pengkajian, diagnosa, terai baik yg urgen / non urgen individual dan berbagai umur pasien walaupun dng data / informasi yg sangat terbatas

2. Triage & Prioritas

3. Persiapan bencana alam

4. Stabilisasi & Resusitasi

5. Krisis intervensi UI populasi pasien yang unik seperti korban kekerasan sexual

6. Pemberian perawatan pd lingkungan yg ticlak terkontrol atau yg tidak dpt diprediksikan

Kerangka Kerja Proses Keperawatan Emergensi meliputi:

TUJUAN

o Menyelamatkan hidup

PENGKAJIAN

· Pada sistem yg terganggu

· U/ memperbaiki kegagalan atau mempertahankan sistem

DIAGNOSIS

· Mencari perbedaan u/ menemukan tanda-tanda & gejala

PERENCANAAN

· Berdasarkan protokol dan prosedur

INTERVENSI

· Terapi ditujukan pd penanganan gejala krisis & stabilisasi PS.

· Diteruskan s/d pasien stabil u/ dpt pindah atau ditransportasikan ke unit lain

atau memnggal

EVALUASI

· Dilakukan scr cepat U/ menilai keefektifan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *