Lompat ke konten
Home » Arsitektur » Fungsi Saluran Pembuangan Air Kotor pada Suatu Bangunan

Fungsi Saluran Pembuangan Air Kotor pada Suatu Bangunan

  • oleh

Sebelum kita bahas lebih jauh, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu istilah umum pada system Saluran Pembuangan Air Kotor.

1. Air buangan atau Air Limbah (Waste Water) adalah air yang telah selesai digunakan oleh berbagai kegiatan manusia (rumah tangga, industri, bangunan umum dll.).

2. Sewer adalah jaringan perpipaan yang pada umumnya tertutup dan secara normal tidak membawa aliran air buangan secara penuh.

3. Sewage adalah cairan buangan yang dibawa melalui Sewer.

4. Sewerage   System  adalah   suatu   sistem   pengelolaan   Air   Limbah   mulai   dari pengumpulan (sewer), pengolahan (treatment) sampai dengan pembuangan akhir (disposal).

5. Combined  Sewer (sistem  kombinasi)  adalah  sistem  yang  direncanakan  untuk membawa domestic sewage, industrial waste dan storm sewage (air hujan).

6. Self Purification adalah kemampuan alamiah dari suatu badan air atau sungai untuk menguraikan zat-zat organik menjadi zat yang stabil.

6. DO (Disolved Oxygen) adalah oksigen yang terlarut dalam air yang digunakan untuk metabolisme binatang dan tumbuh-tumbuhan di dalam air.

7. BOD (Biological Oxigen Demand) adalah banyaknya oksigen yang dibutuhkan oleh bakteri untuk menguraikan zat organik pada kondisi aerob.

8. Kondisi Aerob adalah kondisi suatu badan air yang mengandung 02.

9. Kondisi Anaerob adalah kondisi suatu badan air yang tidak mengandung oksigen.

Fungsi Saluran Pembuangan Air Kotor pada Suatu Bangunan

a.  Fungsi  kenyamanan. 

Sebagai  bagian  dari  sebuah  bangunan,  saluran  air  kotor berfungsi sebagai penunjang kegiatan yang sedang berlangsung dalam bangunan.

b.  Fungsi  estetika. 

Dengan  adanya  jaringan  saluran pembuangan  air kotor, maka penampilan fisik bangunan akan lebih estetis karena secara keseluruhan penampilan bangunan akan lebih teratur.

c.   Fungsi  utilitas. 

Saluran  pembuangan  air  kotor  merupakan  suatu  saluran  yang berfungsi  sebagai  pengangkut  bahan-bahan  limbah  dari  kegiatan  yang  sedang berlangsung dalam suatu bangunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.