Lompat ke konten
Home » Farmasi » Definisi Farmakologi dan Obat

Definisi Farmakologi dan Obat

  • oleh
  • Oktober 10, 2020Oktober 10, 2020

Farmakologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antara obat dengan  makhluk  hidup.  Farmakologi  berasal  dan  bahasa  Yunani  yaitu pharmakon yang  berarti  senyawa  bioaktif  dan  logos yang  berarti  ilmu. Farmakologi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang obat yang meliputi  sejarah,  sumber,  srfat-sifat  fisika  dan  kimiawi,  cara  meracik,  efek fisiologik dan biokimiawi, mekanisme kerja, absorpsi, biotransformasi, distribusi, biotransformasi dan ekskresi, serta penggunaan obat untuk terapi dan untuk penggunaan lainnya.

Sedangkan obat itu sendiri merupakan suatu zat kimia selain   makanan   yang   mempengaruhi   pengaruh   terhadap   atau   dapat menimbulkan  efek  pada  organisme  hidup.  Sumber  obat  dapat  berasal  dari berbagai macam yaitu tumbuhan (kurkumin), hewan (insulin), mineral (kaolin), mikroorganisme (penisilin, streptomisin), sintesis (parasetamol, asam salisilat) dan   bioteknologi (eritromisin,   interferon).   Seiring   perkembangan   ilmu pengetahuan, perkembangan limu farmakologi mengarah kepada interaksi obat dengan organisme hidup serta aspek dari interaksi tersebut.

Oleh karena rtu, farmakologi juga didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari interaksi obat dengan organisme hidup. Dalam ilmu farmasi, farmakologi merupakan bagian yang penting bersama kelompok ilmu yang lain yaitu kimia farmasi, biologi farmasi dan teknologi farmasi. Dan bersama ilmu-ilmu tersebut telah terlibat dalam penemuan suatu obat baru baik dari bahan alam misalnya tanaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.