Lompat ke konten
Home » Ilmu Psikologi » Cara Mengurangi Prasangka Sosial

Cara Mengurangi Prasangka Sosial

  • oleh
  • Februari 6, 2021Februari 6, 2021

Terdapat  beberapa  cara  yang  dapat  dilakukan  untuk  mengurangi  dan mencegah timbulnya prasangka, yaitu :

1.Melalukan kontak langsung

2.Mengajarkan pada anak untuk tidak membenci

3.Mengoptimalkan peran orang tua,  guru, individu dewasa  yang dianggap penting oleh anak dan media massa untuk membentuk sikap menyukai atau tidak menyukai melalui contoh perilaku yang ditunjukkan (reinforcement positive).

4.Menyadarkan individu untuk belajar membuat perbedaan tentang individu lain,  yaitu  belajar  mengenal  dan  memahami  individu  lain  berdasarkan karakteristiknya yang unik, tidak hanya berdasarkan keanggotaan individu tersebut dalam kelompok tertentu.

Menurut Worchel dan kawan-kawan (2000), upaya tersebut akan lebih efektif jika dibarengi dengan kebijakan pemerintah melalui penerapan hukum yang menjunjung tinggi adanya persamaan hak dan pemberian sanksi pada tindakan diskriminasi baik berdasarkan ras, suku, agama, jenis kelamin, usia, dan faktorfaktor lainnya.

Alasan-alasan yang mendasari hukum dapat mengurangi prasangka adalah :

1.Hukum  membuat  diskriminasi  menjadi  perbuatan  ilegal,  sehingga  akan mengurangi tindakan yang memojokkan pada kehidupan anggota-anggota minoritas.

2.Hukum membantu untuk menetapkan atau memantapkan norma-norma dalam masyarakat, yaitu hukum berperan dalam mendefinisikan jenis-jenis perilaku yang dapat diterima atau tidak dapat diterima dalam masyarakat.

3.Hukum mendorong konformitas terhadap perilaku  yang nondiskriminatif, yang mungkin pada akhirnya akan menghasilkan internalisasi sikap tidak berprasangka melalui proses persepsi diri atau pengurangan disonansi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.