Lompat ke konten
Home » Ekonomi » Cara Menggerakan Motivasi Pegawai

Cara Menggerakan Motivasi Pegawai

  • oleh
  • September 25, 2020September 25, 2020

Cara  menggerakan  pegawai  yaitu  dengan  pemberian  motivasi sebagai pemberian daya perangsang bagi pegawai untuk bekerja lebih baik. Ini tidak mudah dilakukan, karena pegawai berbagai altar belakang yang berlainan, baik pengalaman, keinginan, harapan, ambisi dan unsur psikologis lainnya.

Menurut Petterson dan Plowan (Malayu  Hasibuan, 2002: 120) orang mau bekerja disebabkan:

1.  The desire to live : Keinginan untuk hidup merupakan keinginan utama,  manusia bekerja untuk daapat makan dan minum untuk dapat hidup.

2.  The desire for posession; keinginn untuk memiliki sesuai merupakan keinginan keinginan yang kedua dan ini adalah satu sebab mengapa manusia mau bekerja.

4.  The desire for power, yaitu keinginan akan kekuasaan merupakan keinginan   selangkah   diatas   keingionan   untuk   memiliki   yang mendorong orang mau bekerja.

5. The   desire   for   recognation,   yaitu   keinginan   akan   pengakuan merupakan jenis terakhir dari kebutuhan da merupakan dorongan mengapa seseorang mau bekerja .

Prinsip-prinsip Motivasi Agar Efektif

Agar   pemberian   motivasi   efektif,   maka   harus   menggunakan prinsip-prinsip motivasi, yaitu harus mengetahui kebutuhan-kebutuhan dasar pegawai. Pelajari “ A Theory of Human Motivation” dari Abraham Maslow tentang hirarkhi kebutuhan.

Prinsip-prinsip dalam pemberian motivasi:

  • Prinsip partisipasi, untuk memotivasi kerja, pegawai perlu diberikan kesempatan  berpartisipasi  dalam  menentukan  tujuan  yang  akan dicapai oleh pimpinan.
  • Prinsip  komunikasi,  pimpinan  harus  mengkomunikasikan  segala sesuatu   yang   berhubungan   dengan   usaha   pencapaian   tujuan dengan  imformasi  yang  jelas,  sehingga  pegawai  dengn  mudah dimotivasi.
  • Prinsip  mengakui  andil  bawahan,  Pimpinan  mengakui  bahwa pegawai/bawahan  mempunyai  andil    dalam  usaha  pencapaian tujuan.
  • Prinsip pendelegasian wewenang, yaitu  pimpinan harus memberikan otoritas/ wewenang kepada pegawai / bawahan untuk sewaktu-waktu dapat mengambil keputusan terhadap pekerjaan yang dilakukannya.
  •  Prinsip  pemberian  perhatian,  yaitu  pimpinan  harus  memberikan perhatian terhadap apa yang diinginkan oleh pekerja/ bawahan.

Faktor penentu Keberhasilan  Memotivasi

  •  Efektivitas Teknik  Yang Digunakan

Penggnaan  berbagai  pendaekatan,  metode,  dan  analisis  harus sefektif   mungkin,    sehingga   dapat   diminimalissi   berbagai pengorbanannya seperti tenaga waktu, biata dan tenaga.

  •  Karakteristik bawahan

Karena  organisasi  terdiri  dari  sejumlah  orang  yang  memiliki karakteristik dan sifat msing-masing, maka diperlukan pemahaman yang    mendalam    terhadap    perbedaan-perbedaan    tersebut. Perbedaan sosial budaya, status, pendidikan dan jenis kelamin menyebabkan   seseorang   berbeda   dalam   menerima   dan mempersepsikan input dan stimulasi.

  • Situasi

Saat memberikan motivasi kepada seseorang, waktu dan suasana yang   tepat   memberikan   kontribusi   yang   tinggi   terhadap keberhasilan  untuk    mencapai  tujuan.  Sebaik  apapun  metode, teknik dan pendekatan bila tidak dalam suasana yang tepat tidak akan berhasil daalam mencapai tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.